Otomotif

Ini daftar barang yang wajib ada di dalam mobil ketika sedang berkendara

Rabu, 19 Agustus 2020 | 16:00 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini daftar barang yang wajib ada di dalam mobil ketika sedang berkendara

ILUSTRASI. Saat berkendara, ada barang yang wajib ada di dalam mobil. (gomme-auto.com)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat berkendara, penting untuk membawa barang-barang yang diperlukan dalam kondisi darurat. Maka dari itu, Anda bisa mempertimbangkan membawa barang yang wajib ada di mobil.

Alasan kondisi jalanan yang tidak bisa diprediksi membuat Anda perlu siaga dengan membawa barang bawaan tertentu. Kejadian seperti kebocoran ban maupun mesin yang mendadak mati akan menganggu perjalanan Anda.

Kontan.co.id merangkum dari laman resmi Wuling dan Nissan mengenai beberapa barang dan peralatan yang wajib Abda bawa ketika berkendara. Berikut daftarnya:

1. Ban cadangan

Ban cadangan harus dibawa sebagai barang pertama yang wajib ada di dalam mobil. Bahkan, Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 mengaturnya.

Baca Juga: Berbahaya, powerbank dan 3 barang lainnya ini jangan ditinggalkan dalam mobil

Tapi, perkembangan teknologi seperti run flat tyre membuat pemerintah melonggarkan ketentuan dengan tidak mewajibkan mebawa ban cadangan.

Meski begitu, Anda tentu harus tetap waspada ketika terjadi pecah ban di jalan. Karena itu, Anda tetap harus membawa ban cadangan agar dapat mengganti dan melanjutkan perjalanan

2. Palu darurat

Palu darurat Anda butuhkan ketika kondisi terburuk dalam kecelakaan. Semisal, terjebak di dalam mobil dan terkunci seatbelt maka dapat membukanya dengan bantuan palu tersebut.

Palu darurat juga berfungsi untuk memecahkan kaca. Dengan begitu, Anda mudah keluar dari mobil saat dalam keadaan berbahaya.

Baca Juga: Tidak segera mencuci usai kena hujan, ini komponen mobil rawan rusak

3. Kompresor portabel

Kompresor portabel wajib ada dalam mobil. Barang ini akan membantu Anda ketika ban mobil kekurangan angin. Tambah lagi, tidak ada tempat pengisian angin di sekitar.

Setidaknya, kompresor portabel dapat mengisi angin sementara sebelum bertemu dengan tempat pengisian angin ban.

Editor: Bimo Kresnomurti


Terbaru