Belanja

Berapa lama daging dan olahannya bisa tahan di kulkas?

Selasa, 05 Mei 2020 | 06:22 WIB Sumber: Kompas.com
Berapa lama daging dan olahannya bisa tahan di kulkas?

ILUSTRASI. Daging bisa tahan hingga satu tahun lamanya bila disimpan di freezer.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menyimpan makanan perlu pengetahuan khusus. Pasalnya, tidak semua makanan bisa disimpan dalam waktu lama. Ada makanan yang harus disimpan di dalam kulkas atau freezer, dan ada juga yang tidak perlu.

Menyimpan daging pada khususnya perlu lokasi tertentu agar tahan lama. Berikut ini beberapa panduan untuk menentukan bagaimana cara menyimpan daging yang baik dan benar seperti dilansir dari Reader’s Digest.

1. Daging unggas mentah

Daging unggas mentah hanya bisa bertahan sekitar satu sampai dua hari di dalam kulkas. Khususnya di dalam suhu sekitar 4 derajat celsius atau lebih dingin dari itu. Namun jika disimpan di dalam freezer, dalam suhu -17 derajat atau lebih maka daging unggas bisa bertahan hingga satu tahun lamanya.

Sementara daging unggas yang sudah dimasak sebelumnya, bisa bertahan sekitar beberapa hari lebih lama dari daging unggas mentah. Jika daging unggas masak disimpan di dalam freezer, maka hanya bisa tahan maksimal enam bulan lamanya.

Baca Juga: Tips membersihkan barang belanjaan untuk mencegah virus corona

2. Daging merah

Daging merah bisa disimpan di dalam kulkas hingga lima hari lamanya. Jika disimpan dalam freezer, bisa bertahan sekitar empat hingga 12 bulan.

Sementara daging merah yang sudah masak, bisa bertahan sekitar 3-4 hari di dalam kulkas. Jika disimpan di dalam freezer, maka bisa bertahan sekitar 2-6 bulan.

3. Daging giling

Daging giling semacam daging sapi, daging sapi muda, atau daging unggas bisa dimasukkan dalam kulkas selama sekitar dua hari. Namun jika dibekukan di dalam freezer, maka bisa bertahan sekitar tiga sampai empat bulan lamanya.

Baca Juga: Ini cara menyimpan sayuran, ikan, dan daging tetap segar dan awet

Editor: Wahyu T.Rahmawati


Terbaru