kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bercita-cita jadi penulis? Simak tips dari penulis terlaris Novel


Kamis, 25 Juli 2019 / 22:23 WIB
Bercita-cita jadi penulis? Simak tips dari penulis terlaris Novel

Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - Penulis novel Alia Azalea atau yang dikenal aliaZalea telah menghasilkan sejumlah judul novel laris di pasaran Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Penulis buku kelahiran Jakarta yang tinggal di Kuala Lumpur, Malaysia, itu tercatat sudah mengeluarkan enam novel, yakni Miss Pesimis, Blind Date, Crash Into You, Celebrity Wedding, The Devil in Black Jeans, dan Dirty Little Secret.

Baca Juga: Arswendo Atmowiloto, dari penjaga sepeda, pemungut bola, hingga menjadi sastrawan

Kemudian, ia merilis novel berjudul Boy Toy pada tahun 2017 dan The Wanker pada 2018. Adapun buku terbaru yaitu berjudul Bad Boy yang diluncurkan pada Juli 2019.

Ketiga novel tersebut merupakan bagian dari keseluruhan yang nantinya menjadi lima judul novel. Isinya berkisah tentang perjalanan hidup bernuansa romansa percintaan boyband bernama Pentagon.

Baca Juga: 5 buku rekomendasi Bill Gates tahun ini

Saat menyambangi kantor Redaksi Kompas.com, Jakarta, Kamis (25/7/2019), Alia berbagi ilmu dan pengalaman tentang cara untuk bisa menulis novel seperti dirinya.

Berikut ini tips yang ia sampaikan:

1. Disiplin

Alia berpendapat semua orang bisa menjadi penulis buku karena kita semua pada dasarnya bisa membaca dan menulis. Namun, kelemahannya adalah kurang disiplin.

Baca Juga: Kocak, Ahok merasa bodynya seperti Batman Returns

Kedisiplinan itu bisa diterapkan dengan membuat target pada diri sendiri mengenai jumlah tulisan yang harus diselesaikan.

Sebagai contoh, ia menargetkan dirinya harus selesai menulis dengan rincian tiga halaman kertas berukuran A4 menggunakan program Microsoft Words, dengan tulisan berspasi 1,5 dan jenis huruf Times New Roman berukuran 12.

“Selain punya ide dan kreativitas, kita juga harus disiplin. Kayak saya punya target tiap hari harus sedetail itu. Harus dibuat seperti itu supaya bukunya selesai.

Baca Juga: Gagal jadi perencana keuangan, sukses di bisnis penerbitan

Jadi satu minggu minimal harus menulis sekitar 20 halaman dan bisa selesai dalam tiga sampai enam bulan,” ujar Alia.

2. Motivasi

Menurut Alia, hindari motivasi diri untuk menulis buku karena ingin menjadi orang kaya. Harus diakui bahwa kita bisa memiliki penghasilan dari hasil menulis buku, tetapi penghasilannya tidak stabil seperti karyawan kantoran.

Maka dari itu, menulis harus dilakukan karena motivasi bahwa memang orang itu senang, bukan untuk mendapatkan uang banyak.

Baca Juga: Piter Abdullah rilis novel perdana

“Jangan berpikir mau jadi penulis karena bisa kaya. Menulis itu harus karena kamu senang, bukan untuk mencari uang. Kalau menulis karena senang, jadinya enjoy,” imbuh Alia.

3. Jangan terpengaruh orang lain

Alia menuturkan, ada orang yang merasa khawatir bahwa tulisan yang dibuatnya tidak disukai oleh orang lain, padahal itu baru asumsi dan belum tentu benar-benar terjadi.

Baca Juga: Novelis Achi TM rilis buku Aplikasi Pencari Rejeki, menggali berkah dari teknologi

Untuk itu, teruslah menulis sesuai dengan ide dan kreativitas masing-masing. “Kadang orang khawatir tulisannya disukai orang atau enggak. Atau karena temannya enggak suka terus berhenti. Kalau saya mending selesaikan dulu bukunya, orang lain suka atau enggak suka ya terserah. Itu yang bikin saya senang,” ungkap Alia.

4. Mendapatkan ide

Bagi Alia, ide bisa didapatkan dari mana saja dan kapan saja, misalnya saat sedang berada di suatu tempat, berbicara dengan orang lain, atau sembari mendengarkan lagu.

Baca Juga: Drupadi, karya terbaru Seno Gumira Ajidarma

Dia pun mengakui bahwa ide cerita yang ditulis dalam berbagai novelnya itu muncul ketika dia mendengarkan lagu dari sejumlah boyband.

“Waktu menulis novel-novel itu, lagu yang saya dengarkan ada banyak, terus bolak-balik diulang-ulang. Misalnya lagu dari Shawn Mendes, One Direction, Take That, dan Charlie Puth.

Baca Juga: 5 Novelis Terkaya di Indonesia

Jadi inspirasi macam-macam. Keluar dengan spontan,” jelasnya mengakhiri pembicaraan. (Erwin Hutapea)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tertarik Menulis Novel? Simak Tips dari Penulis Novel Terlaris", 



Video Pilihan

TERBARU

×