Berkat Fitur Baru Ini, Kamera iPhone Bisa Digunakan sebagai Webcam di macOS

Selasa, 07 Juni 2022 | 10:40 WIB Sumber: The Verge
Berkat Fitur Baru Ini, Kamera iPhone Bisa Digunakan sebagai Webcam di macOS

ILUSTRASI. Berkat Fitur Baru Ini, Kamera iPhone Bisa Digunakan Sebagai Webcam di macOS


KONTAN.CO.ID - Berkat fitur baru ini, kamera iPhone bisa diubah menjadi webcam di macOS. Fitur bernama Continuity Camera yang menjadi bagian dari macOS terbaru yakni Ventura dapat menyulap kamera iPhone menjadi webcam dalam sekejap.

Beberapa orang malas menyalakan kamera laptop karena kualitasnya yang ala kadarnya. Tidak begitu bagus, tetapi mungkin juga tidak terlalu jelek, setidaknya masih bisa absen muka saat meeting online atau kelas online.

Namun, permasalahan tersebut nampaknya akan segera teratasi apabila Anda menggunakan dua perangkat Apple ini. Yaitu iPhone dan komputer atau laptop berbasis macOS.

Masih tentang gelaran WWDC 2022 yang membagikan informasi menarik seputar perkembangan perangkat lunak eksosistem Apple, kali ini kolaborasi iPhone dan macOS semakin sempurna.

Mungkin beberapa orang sudah tahu bahwa kamera HP Android bisa digunakan sebagai webcam menggunakan aplikasi tertentu. Tetapi bagaimana jika iPhone yang kameranya ciamik ini digunakan sebagai webcam di laptop atau komputer macOS Anda?

Jika Anda mungkin sebelumnya berharap fitur tersebut hadir, akhirnya diamini juga oleh Apple melalui fitur baru bernama Continuity Camera.

Baca Juga: iOS 16 Boyong Fitur yang Membuat Pengguna Betah Memandangi Lock Screen

Fitur Continuity Camera, mengubah kamera iPhone menjadi webcam di macOS Ventura

Fitur ini merupakan bagian dari macOS versi terbaru yang juga diumumkan dalam gelaran WWDC 2022. 

Berbeda dengan iOS yang menjadi OS bawaan iPhone, macOS merupakan sistem operasi untuk perangkat Apple termasuk laptop (Macbook) dan komputer (iMac, Mac Mini, Mac Pro).

Dalam versi terbarunya ini, Apple memperkenalkan macOS Ventura sebagai penerus dari Monterey yang dirilis tahun 2021 lalu.

Kehadiran macOS Ventura dalam demo WWDC 2022 malam tadi juga tak kalah menarik. Melansir The Verge (07/06/2022), kamera iPhone kali ini bisa disulap menjadi webcam untuk meningkatkan pengalaman saat video call.

Baca Juga: Cara Dapat Kode Redeem Genshin Impact Terbaru Juni 2022 di Epic Games Store

Mendukung beberapa aplikasi populer, seperti Microsoft Teams, Zoom, Cisco WebEx, dan lain sebagainya serta tidak ketinggalan FaceTime.

Tidak hanya sekedar mengubah kamera iPhone menjadi webcam, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur tambahan lainnya. Mulai dari Center Stage, Portrait Mode hingga Desk View yang menarik.

Saat demo berlangsung, pengguna tinggal menempelkan iPhone di atas Macbook, dan boom! Anda sudah bisa menggunakan kamera iPhone sebagai webcam.

Menurut The Verge, Apple bekerja sama dengan Belkin menghadirkan produk aksesoris tambahan sebagai stand yang mengaitkan iPhone di bagian atas layar Macbook.

Menarik, bukan? Fitur Continuity Camera ini kabarnya akan hadir tahun ini juga bersamaan dengan rilisnya iOS 16 dan macOS Ventura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru