Berpikir kritis sangat penting, 4 cara ini bisa membantu meningkatkan kemampuan ini

Kamis, 22 Oktober 2020 | 15:27 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Berpikir kritis sangat penting, 4 cara ini bisa membantu meningkatkan kemampuan ini

ILUSTRASI. Berpikir kritis sangat berguna, 4 cara ini bisa membantu meningkatkan kemampuan ini.

KONTAN.CO.ID -  Di era sekarang, banyak kemampuan yang perlu dimiliki masyarakat agar bisa bersaing. Soft skill seperti berpikir kritis dan mengolah emosi menjadi kemampuan yang sering dicari oleh perusahaan. 

Masyarakat sekarang dituntut untuk mampu berpikir secara kritis. Tidak hanya karyawan, pelajar juga diharapkan mampu melihat informasi secara kritis. 

Apa sebenarnya kemampuan berpikir kritis? Pengertian dari berpikir kritis, dikutip dari laman Monash University, adalah kemampuan berpikir dimana kita tidak serta merta menerima informasi. 

Berpikir secara kritis akan menuntun Anda untuk menanyakan kebenaran informasi. Kemudian menganalisa dan mengevaluasi apa yang Anda terima. Dari analisis tersebut Anda bisa mengambil keputusan secara logis dan benar. 

Ada beragam manfaat yang didapat dari berpikir kritis. Anda lebih bisa melihat masalah dari berbagai sudut pandang. Keputusan yang diambil lebih adil dan bisa dipertanggungjawabkan. 

berpikir kritis

Berpikir kritis bukan sebuah kemampuan yang langsung Anda dapatkan dari lahir. Anda perlu melatih cara berpikir Anda agar lebih kritis. 

Di bawah ini ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Cara ini dirangkum KONTAN.co.id dari Harvard Business Review dan Indeed

  • Selalu bertanya

Jangan malu untuk bertanya, cara bisa membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Selalu pertanyakan informasi apapun yang Anda terima.

Tanyakan hal-hal mendetail tentang informasi tersebut hingga jelas. Carilah informasi dari berbagai sumber agar referensi Anda lebih banyak.

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru