Sport

Bertambah, kini giliran Mugello yang mundur dari Kalender Balap MotoGP 2020

Kamis, 11 Juni 2020 | 09:52 WIB Sumber: Kompas.com
Bertambah, kini giliran Mugello yang mundur dari Kalender Balap MotoGP 2020

ILUSTRASI. balapan Motor GP/MotoGP

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. MotoGP Italia di Sirkuit Mugello akhirnya batal menggelar balapan musim ini. Mugello merupakan sirkuit kedelapan yang batal karena adanya pandemi Covid-19. 

"Dengan hati yang berat kami mengumumkan pembatalan Mugello," kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, dalam keterangan resmi, Rabu (10/8). 

Baca Juga: MotoGP belum berguliur, Honda dikabarkan bakal depak adik Marc Marquez dari tim

"Sayangnya, kami tidak dapat menemukan solusi untuk masalah logistik dan operasional yang dihasilkan dari pandemi dan penataan ulang kalender untuk memungkinkan kami mengunjungi tempat ini," lanjut Ezpeleta.

Ini kehilangan besar karena Mugello adalah salah satu sirkuit terindah di dunia. 

Dengan batalnya Mugello maka seri Italia lain tinggal San Marino atau Sirkuit Misano yang rencananya digelar September mendatang. Rencananya di sirkuit ini akan digelar balapan dua kali sekaligus. 

“Atas nama Dorna, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para penggemar atas pengertian dan kesabaran yang telah ditunjukkan saat kami menunggu situasi membaik. Kami sangat menantikan untuk kembali ke Mugello musim depan untuk balapan akhir pekan yang menakjubkan,” katanya. 

Sirkuit Mugello pertama kali menjadi tuan rumah Grand Prix pada tahun 1976, dan menjadi sirkuit resmi balapan pada 1991. Artinya 2020 merupakan musim pertama Mugello absen jadi tuan rumah selama hampir 30 tahun. 

Baca Juga: Ini bocoran jadwal MotoGP 2020, dimulai Juli di Sirkuit Jerez Spanyol

Hilangnya Mugello membuat Dorna kembali merevisi kalender balap 2020. Disebut kemungkinan balapan musim ini hanya akan digelar di Eropa, namun itu juga masih melihat situasi. Dari delapan sirkuit Eropa yang belum dibatalkan, tanda tanya terbesar kini yaitu apakah MotoGP Prancis di Le Mans akan dimasukkan dalam kalender 'final' atau tidak. (Gilang Satria)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mugello Keluar dari Kalender Balap MotoGP 2020".

Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru