CLOSE [X]

Bill Gates berbagi 10 tips agar sukses mengelola keuangan

Minggu, 25 Juli 2021 | 04:30 WIB Sumber: Yahoo Finance
Bill Gates berbagi 10 tips agar sukses mengelola keuangan


KONTAN.CO.ID -  Pendiri Microsoft, Bill Gates, adalah salah satu orang terkaya di dunia dan dengan alasan yang bagus. Dia membantu merevolusi dunia dengan meletakkan komputer di setiap meja.

Kekayaan Gates bernilai US$ 128,1 miliar saat ini, menurut Forbes, jadi kebijaksanaan finansialnya tidak boleh diabaikan. Pelajari nasihat apa yang Gates berikan tentang pekerjaan dan uang.

1. Investasi untuk pendidikan Anda

Tunggu, bukankah Gates drop out dari Harvard? Iya, dia melakukannya. Namun dalam utas Reddit "Ask Me Anything", seseorang bertanya, "Apa nasihat keuangan pribadi terbaik Anda untuk orang-orang yang berpenghasilan di bawah US$ 100.000 setahun?" Jawabannya: "Investasikan dalam pendidikan Anda."

Orang berusia 25 tahun ke atas dengan gelar sarjana memiliki penghasilan rata-rata mingguan US$ 1.457 dibandingkan dengan US$ 793 untuk mereka yang hanya memiliki ijazah sekolah menengah, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS. Tapi Anda bisa mendapatkan lebih dari upah yang lebih tinggi dengan gelar yang lebih tinggi.

Baca Juga: Warren Buffett menjual saham Kirby setelah mengempitnya selama 35 tahun

Pada pidato kelulusan Harvard pada tahun 2007, Gates merefleksikan tugasnya di sekolah. 

"Yang paling saya ingat tentang Harvard adalah berada di tengah-tengah begitu banyak energi dan kecerdasan. Itu bisa menggembirakan, mengintimidasi, kadang-kadang bahkan mengecilkan hati, tetapi selalu menantang. Itu adalah hak istimewa yang luar biasa dan meskipun saya pergi lebih awal, saya diubah oleh tahun-tahun saya di Harvard, persahabatan yang saya buat, dan ide-ide yang saya kerjakan."

2. Terima kritik Anda

Kesediaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen telah membantu Microsoft berkembang di sektor teknologi yang bergerak cepat. Selama bertahun-tahun, perusahaan telah berusaha untuk tetap di depan atau setidaknya di atas - tren. 

Pada tahun 2020, misalnya, perusahaan tidak hanya menggunakan Microsoft Teams bersama dengan NBA untuk duduk bersama penggemar di tepi lapangan, tetapi juga bekerja dengan NASA untuk membantu membangun pesawat ruang angkasa Orion dan bekerja sama dengan Irlandia untuk meningkatkan penggunaan energi hijau di atap.

Dalam bukunya tahun 1999, "Business @ the Speed ​​of Thought," Gates menulis tentang pentingnya umpan balik negatif. Ia mengatakan kritik itu penting untuk tidak hanya belajar tetapi juga mencari solusi untuk masalah yang muncul.

Baca Juga: Menumpuk Harta agar Masa Depan Anak Berharga

"Dengarkan pelanggan Anda dan ambil berita buruk mereka sebagai kesempatan untuk mengubah kegagalan Anda menjadi perbaikan nyata yang mereka inginkan," tulisnya. 

"Anda harus memeriksa keluhan pelanggan lebih sering daripada keuangan perusahaan." 

3. Lihatlah gambaran besarnya

Tidak peduli seberapa ambisius Anda, masih ada 24 jam dalam sehari. Dan seringkali, perbedaan antara yang berhasil dan yang tidak berhasil adalah bagaimana jam-jam tersebut diinvestasikan. 

Tidak ada yang tahu itu lebih baik daripada Bill Gates, salah satu orang terkaya di dunia. Dia mengatakan temannya Warren Buffett mengajarinya untuk melihat efek dari menggunakan waktu Anda dengan bijak. 

Baca Juga: Para miliarder ini catatkan keuntungan ribuan triliun hanya dalam 6 bulan saja

"Dia berbicara tentang mencari parit perusahaan - keunggulan kompetitifnya - dan apakah parit itu menyusut atau tumbuh," tulis Gates dalam artikel LinkedIn.

4. Jadilah optimis

"Optimisme sering dianggap sebagai harapan palsu," kata Gates pada pidato pembukaan tahun 2014 di Universitas Stanford. "Tapi ada juga keputusasaan palsu." Dalam pidato itu, Bill berbicara panjang lebar tentang keyakinannya pada optimisme dan peran penting kebiasaan ini dalam memecahkan masalah.

Optimisme dan lebih jauh lagi, kebahagiaan dapat berdampak positif di tempat kerja Anda. Sebuah studi tahun 2014 dari University of Warwick menemukan bahwa kebahagiaan dapat membuat orang sekitar 12% lebih produktif. Jadi daripada membiarkan tekanan pekerjaan membebani Anda, berinvestasilah dalam hal-hal yang membuat Anda bahagia itu bisa membuat hidup lebih mudah.

5. Berpikir kritis tentang kesuksesan Anda 

Dalam bukunya tahun 1995 "The Road Ahead," Gates menulis bahwa kegagalan sering kali mengajarkan Anda lebih banyak tentang kesuksesan daripada kesuksesan. Selain itu, kesuksesan bisa berbahaya jika Anda membiarkannya menguasai pikiran Anda.

Baca Juga: Kekayaan 10 miliarder dunia ini bertambah Rp 3.212 triliun dalam 6 bulan terakhir

"Sukses adalah guru yang buruk. Sukses menggoda orang pintar untuk berpikir bahwa mereka tidak bisa kalah," tulisnya.

6. Ukur kemajuan Anda

Dalam surat tahunan 2013 untuk Bill and Melinda Gates Foundation, Gates menulis tentang sebuah buku yang sedang ia baca, "Ide Paling Kuat di Dunia." Itu tentang penemuan mesin uap, tetapi Gates mengambil pelajaran penting darinya.

"Pada tahun lalu saya berulang kali dikejutkan oleh betapa pentingnya pengukuran untuk meningkatkan kondisi manusia," tulisnya. "Anda dapat mencapai kemajuan luar biasa jika Anda menetapkan tujuan yang jelas dan menemukan ukuran yang akan mendorong kemajuan menuju tujuan itu."

Ini mungkin terdengar seperti nasihat dasar, tetapi dia berkata bahwa dia kagum dengan betapa jarangnya nasihat itu diikuti dan betapa sulitnya untuk melakukannya dengan benar.

Baca Juga: Selama pandemi, jutaan orang di dunia menjadi jutawan

Jika Anda memiliki bisnis atau hanya ingin meningkatkan diri, lihat program yang membantu Anda menetapkan dan melacak tujuan. Bahkan daftar sederhana di atas kertas dapat membantu Anda memulai untuk mencapai tujuan.

7. Bagikan kekayaan Anda

Tentu saja mudah bagi salah satu orang terkaya di dunia ini untuk menampik nilai kekayaan berlebih. Tapi Gates tidak mengurangi pentingnya memiliki uang sebanyak menyarankan bahwa itu hanya berjalan sejauh ini. Di Universitas Washington pada tahun 2011, Gates berkata:

“Saya bisa mengerti keinginan untuk memiliki jutaan dolar, ada kebebasan tertentu, kebebasan yang berarti, yang menyertainya. Tetapi begitu Anda mendapatkan lebih dari itu, saya harus memberi tahu Anda, itu adalah hamburger yang sama. ”

Ini sebagian menjelaskan mengapa Gates adalah salah satu orang paling dermawan di Bumi. Ia menyadari bahwa salah satu nilai sebenarnya dari memiliki kelebihan kekayaan adalah kemampuan untuk membantu orang lain

8. Tindakan Anda berdampak global

Bill dan Melinda Gates menerbitkan pesan terbuka kepada lulusan tahun 2020 untuk menginspirasi mereka menjadi warga dunia:

"Anda mewarisi dunia yang telah membuktikan bahwa kemajuan itu mungkin— dunia yang telah dibangun kembali setelah perang, mengalahkan cacar, memberi makan populasi yang terus bertambah, dan memungkinkan lebih dari satu miliar orang keluar dari kemiskinan ekstrem.

Kemajuan itu tidak terjadi secara kebetulan atau takdir. Itu adalah hasil dari orang-orang seperti Anda yang membuat komitmen bahwa apa pun yang mereka lakukan dengan hidup dan karier mereka, mereka akan berkontribusi pada misi bersama untuk mendorong kita semua maju."

Bahkan di tengah pandemi global dan pergolakan ekonomi, individu yang berkomitmen dapat memainkan peran besar dalam pemulihan.

9. Jangan bebani anak Anda berlebihan

Meskipun Bill Gates tidak pelit, dia berpikir bahwa memberikan terlalu banyak kekayaan kepada anak-anak Anda bukanlah hal yang terbaik.

Baca Juga: 5 Juta lebih orang di dunia menjadi jutawan saat kondisi pandemi

"Bukan ide yang baik bagi anak-anak Anda untuk memberi mereka banyak uang," kata Gates dalam pidato Oktober 2019.

Gates setuju dengan teman baiknya Warren Buffett, yang dalam artikel Majalah Fortune 1986 dikutip mengatakan bahwa dia ingin meninggalkan anak-anaknya "cukup uang sehingga mereka akan merasa dapat melakukan apa saja, tetapi tidak terlalu banyak sehingga mereka tidak dapat melakukan apa-apa."

10. Bersiaplah untuk pengembalian investasi yang lebih rendah

Dengan suku bunga pada rekor terendah, hasil pada T-bills dan investasi konservatif lainnya tidak terlalu tinggi. Ini adalah bagian dari alasan mengapa Bill Gates saat ini menyimpan lebih dari 60% aset yang diinvestasikannya dalam bentuk saham.

Namun, Gates memperingatkan bahwa investor seharusnya tidak mengharapkan keuntungan dua digit gangbuster yang mungkin mereka alami di masa lalu. Dalam wawancara September 2019 di Bloomberg Television, miliarder terkenal itu menyatakan, "ada alasan untuk berpikir bahwa pengembalian absolut untuk dekade berikutnya akan lebih sedikit daripada selama beberapa dekade terakhir."

Selanjutnya: Sukses bertamasya ke luar angkasa, ini kata Jeff Bezos

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru