HOME

Bill Gates: Tiga inovasi ini dapat membantu mengatasi pandemi berikutnya

Jumat, 29 Januari 2021 | 00:15 WIB Sumber: CNBC
Bill Gates: Tiga inovasi ini dapat membantu mengatasi pandemi berikutnya

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Miliarder dunia, Bill Gates mengatakan persiapan menghadapi pandemi Covid-19 ini harus serius dilakukan seperti menangani ancaman perang. Gates juga mendorong agar dunia dapat mengatasi pandemi ini kendati saat ini masih berkecamuk.

Hal itu dikatakan dalam surat  tahunan Bill and Melinda Gates Foundation yang diterbitkan Rabu (27/1). Gates, yang yayasannya telah berkomitmen US$ 1,75 miliar dalam perang melawan Covid hingga saat ini, menulis bahwa dunia perlu menghabiskan puluhan miliar dolar setiap tahun untuk kesiapsiagaan pandemi.

“Saya menganggap ini sebagai polis asuransi terbaik dan paling hemat biaya yang dapat dibeli dunia,” katanya seperti dilansir CNBC, Kamis (28/1).

Baca Juga: Bill Gates terkejut dengan teori konspirasi Covid-19 gila dan jahat soal dirinya

Berikut adalah strategi yang menurut Gates akan membantu wabah di masa depan:

1. Pengujian besar dan perawatan yang lebih cepat

Pada awal pandemi, Amerika Serikat tertinggal dari banyak negara dalam hal kapasitas pengujian diagnostik.

"Pada pandemi berikutnya, saya berharap kita akan memiliki apa yang saya sebut platform mega-diagnostik, yang dapat menguji sebanyak 20% dari populasi global setiap minggu," tulis Gates.

Selain pengujian, Gates menunjuk pada perawatan terapeutik yang menjanjikan, seperti antibodi monoklonal, yang telah terbukti efektif dalam mengurangi risiko kematian dan rawat inap akibat Covid. Antibodi monoklonal adalah molekul yang diproduksi di laboratorium yang meniru kemampuan sistem kekebalan untuk melawan antigen berbahaya seperti virus, menurut Food and Drug Administration.

Baca Juga: China lakukan tes virus corona dengan metode usap dubur, ini alasannya

Keberhasilan vaksin messenger RNA (vaksin Pfizer dan Morderna Covid adalah RNA) adalah alasan lain untuk berharap. Mereka "pada dasarnya mengubah tubuh Anda menjadi unit pembuat vaksinnya sendiri," tulis Gates dalam posting blog April 2020. Dan vaksin RNA lebih serbaguna dan dapat diproduksi lebih mudah dan lebih cepat daripada vaksin konvensional.

Efisiensi vaksin RNA hanya akan meningkat: “Saya memperkirakan bahwa vaksin mRNA akan berkembang lebih cepat, lebih mudah diukur, dan lebih stabil untuk disimpan selama lima sampai sepuluh tahun ke depan,” kata Gates dalam surat tahunan yayasan tersebut.

 “Itu akan menjadi terobosan besar, baik untuk pandemi di masa depan maupun untuk tantangan kesehatan global lainnya,” sambungnya.

Editor: Noverius Laoli


Terbaru