Sport

Bisa dicoba, ini langkah sederhana agar bisa rutin berolahraga

Sabtu, 22 Februari 2020 | 18:49 WIB Sumber: Kompas.com
Bisa dicoba, ini langkah sederhana agar bisa rutin berolahraga

ILUSTRASI. Warga beraktivitas di bantaran Kanal Banjir Timur, Jakarta (25/12). Banyak orang masih merasa kesulitan untuk bisa memulai rutinitas olahraga. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/25/12/2018

KONTAN.CO.ID - MALANG. Olahraga menjadi salah satu pilar penting dalam menjaga kesehatan, selain pola makan yang baik dan tidur cukup. Meski semua orang mengetahui betul bahwa olahraga adalah hal yang penting, masih banyak yang belum mempraktikannya di kehidupan sehari-hari. 

Faktanya, banyak orang merasa kesulitan memulai rutinitas olahraga. Sebagian orang merasa terbebani karena harus meluangkan waktu pergi ke gym atau mengikuti kelas-kelas olahraga, sebagian lainnya bahkan sulit lepas dari pola hidup tidak aktif yang dijalaninya. 

Baca Juga: Hore, MotoGP Thailand tetap digelar sesuai jadwal

Padahal, memulai olahraga rutin tidak sulit, lho. Ilmuwan nutrisi, Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD. menjelaskan, kita bisa memulai rutinitas olahraga dengan menyelipkan kebiasaan-kebiasaan baru kecil ke dalam aktivitas harian. 

"Ambil hal yang sudah biasa dilakukan dalam hidup kita, itu akan jadi trigger lalu hubungkan dengan satu kebiasaan baru yang kecil." Hal itu diungkapkan Matthew ketika ditemui di pabrik susu Greenfields di Palaan, kabupaten Malang, Jumat (21/2/2020). 

Jika memulai olahraga dilakukan dengan mengatur target yang terlalu besar untuk diri kita, maka ada kecenderungan aktivitas tersebut tidak akan berlangsung dalam jangka panjang. Misalnya, memulai rutinitas dengan menargetkan olahraga satu jam setiap harinya. 

Baca Juga: Olahraga teratur bisa menangkal penyakit kanker, lo

Sebaliknya, kebiasaan kecil yang diselipkan ke dalam beberapa rutinitas harian justru bisa menjadi kebiasaan jangka panjang. Matthew mencontohkan, menyelipkan dua kali gerakan push up setelah menggosok gigi atau satu kali squat setiap baru bangun tidur di pagi hari. 

Editor: Tendi Mahadi
Tag


Terbaru