Edukasi

Bisa pakai bahan alami, ini 5 cara mengusir nyamuk terefektif

Selasa, 01 Desember 2020 | 18:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa pakai bahan alami, ini 5 cara mengusir nyamuk terefektif


KONTAN.CO.ID - Tak hanya mengganggu, kemunculan nyamuk di dalam rumah juga bisa menimbulkan banyak penyakit. Maka dari itu, cara mengusir nyamuk perlu Anda lakukan segera agar kesehatan Anda dan anggota keluarga lain tetap terjaga.

Nah, berikut beberapa cara mengusir nyamuk yang bisa Anda lakukan:

Pasang pengaman di pintu dan jendela

Salah satu cara nyamuk masuk ke rumah Anda adalah melalui pintu dan jendela. Maka dari itu, pastikan Anda memasang pengaman di ventilasi rumah.

Tak hanya ventilasi besar, Anda juga perlu memerhatikan celah atau lubang kecil di sekitar rumah Anda karena hal itu bisa jadi jalur keluar-masuk nyamuk.

Bawang putih

Mengutip dari Control-mosquitoes.com, bawang putih bisa jadi cara mengusir nyamuk yang efektif karena baunya yang menyengat. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah.

Pertama-tama, hancurkan beberapa butir bawang putih lalu rebus selama beberapa saat. Setelah itu, masukkan air rebusan bawang putih ke botol semprot.

Semprotkan air rebusan itu ke ruangan dalam rumah untuk mencegah datangnya nyamuk. Anda bisa menambah intensitas semprotan jika nyamuk yang datang lebih banyak.

Baca Juga: 5 Cara mengusir cicak yang efektif, bisa pakai bahan alami

Kemangi

Salah satu cara mengusir adalah menggunakan kemangi.

Selain bawang putih, kemangi juga bisa Anda manfaatkan untuk mengusir nyamuk dari rumah Anda. Tak hanya lezat dikonsumsi, jenis bahan alami bisa digunakan dengan beberapa cara.

Anda bisa meletakkan tanaman kemangi dalam rumah, menggunakannya dalam bentuk essential oil, dan lain-lain.

Baca Juga: 4 cara mengusir lalat, efektif dan mudah dilakukan

Ampas kopi

Kemunculan nyamuk bisa semakin banyak saat ada genangan air di sekitar rumah.

Jika Anda menemukan genangan air di sekitar rumah, segera tumpuk dengan ampas kopi. Ampas kopi membuat telur nyamuk mengapung di permukaan sehingga kehilangan oksigen.

Saat kekurangan oksigen, telur nyamuk akan mati sebelum menetas. Hal itu membuat kemunculan nyamuk menjadi lebih sedikit sehingga tak mengganggu kondisi Anda dan anggota keluarga yang lain.

Tanaman pengusir nyamuk

Melansir Control-mosquitoes.com, cara mengusir nyamuk bisa dengan menanam beberapa jenis tanaman. Tumbuhan yang bisa Anda tanam adalah catnip atau feverfew.

Tak hanya menghilangkan nyamuk, jenis tanaman itu juga bisa memperindah tampilan rumah Anda.

Selanjutnya: Banyak membawa bakteri, ini 5 cara ampuh mengusir kecoa di dalam rumah

Editor: Belladina Biananda


Terbaru