Sukses Tepis Dua Penalti Spanyol, Bono Jadi Pahlawan Maroko Saat Lolos Babak 8 Besar

Rabu, 07 Desember 2022 | 01:01 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
Sukses Tepis Dua Penalti Spanyol, Bono Jadi Pahlawan Maroko Saat Lolos Babak 8 Besar

ILUSTRASI. Soccer Football - FIFA World Cup Qatar 2022 - Round of 16 - Morocco v Spain - Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar - December 6, 2022 Morocco's Yassine Bounou saves a penalty missed by Spain's Carlos Soler REUTERS/Lee Smith


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertandingan 16 besar piala dunia 2022 antara Maroko melawan Spanyol di babak 16 besar piala dunia 2022 berlangsung seru. 

Bertanding selama dua kali 45 menit Maroko vs Spanyol tanpa gol. Begitu juga saat perpanjangan waktu tetap tanpa menghasilkan gol bagi kedua tim.

Titik penalti menjadi penentu kemenangan dari kedua tim.

Tendangan penalti pertama bagi Maroko dieksekusi dengan baik oleh Abdelhamid Sabiri.

Sedangkan tendangan pertama Spanyol oleh Pablo Sarabia malah membentur tiang sebelah kiri sehingga tidak menghasilkan gol.

Tendangan penalti kedua Maroko oleh Hakim Ziyech yang dengan percaya diri mengarahkan bola ke tengah gawang dan penjaga gawang Spanyol sudah bergera ke arah kiri terlebih dahulu sehingga 2 - 0

Tendangan kedua Spanyol dilakukan oleh Carlos Soler juga kembali ditepis dengan baik oleh Bono alias pemilik nama Yassine Bounou.

Giliran tendangan ketiga Maroko yang dieksekusi Badr Benoun ditepis oleh kiper Spanyol Unai Simon. 

Tendangan penalti yang ketiga Spanyol dieksekusi oleh veteran gaek Sergio Busqet, tapi tetap saja sudah terbaca dan ditepis dengan baik oleh Bono nama beken dari Yassine Bounou yang saat ini masih terikat kontrak dengan klub Spanyol Sevilla. 

Tendangan penalti keempat Maroko diserahkan Achraf Hakimi. Hakimi dengan sukses menjalankan tugas eksekusi penalti sehingga Maroko dipastikan lolos dengan skor 3 - 0.

Bono kiper Maroko menjadi penentu kemenangan dan pahlawan bagi Maroko sehingga lolos ke putaran 8 besar alias perempat final.

Pada saat pertandingan berlangsung 100 menit Spanyol mendominasi dengan penguasaan bola hingga 75%. Tapi penguasaan bola ini tidak tercermin dari hasil golnya.

Tercatat sebanyak 2 kali tendangan penyerang Spanyol yang mengarah ke gawang Maroko, Sebaliknya Maroko efektif dengan 3 kali tendangan mengarah ke gawang sepanjang pertandingan.

Sementara tendangan yang diblok oleh kiper Maroko sebanyak enam kali dan tendangan yang di blok kiper spanyol sebanyak 3 kali.

Bahkan terjadi beberapa serangan balik yang membahayakan gawang Spanyol lantaran terjadi head to head antara penyerang Maroko dengan penjaga gawang Spanyol, sayangnya penyelesaian akhir penyerang Maroko masih jauh dari harapan.

Pertandingan 16 besar piala dunia 2022 antara Maroko melawan Spanyol ini berlangsung di Education City Stadium di pimpin  oleh Fernando Rapallini dari Argentina, tim Maroko tampak lebih banyak bertahan.

Adapun line ups Maroko. penjaga gawang Bono (1); bek Achraf Hakimi (2); Nayef Aguerd (5);  Romain Saiss (6) dan Noussair Mazraoui (3).

Sementara jajaran gelandang di tengah ada Azzedine Ounahi (8) Sofyan Amrabat (4); dan Selim Amallah (15). Barisan depan ada Hakim Ziyech (7); Youssef En-Nesyri (19) dan Sofiane Boufal (17).

Pada babak penyisihan di grup, Maroko termasuk tim yang tidak terkalahkan. Misalnya saat melawan Kroasia tim dari Afrika ini mampu main imbang 0-0.

Sementara saat melawan Belgia, Maroko unggul dengan memborong dua gol tanpa balas. Adapun saat melawan Kanada, Maroko juga mencatatkan kemenangan dengan skor 2-1.

Sementara line ups Spanyol. penjaga gawang Unai Simon (23) sedangkan Jajaran pemain belakang ada Jordi Alba (18) Aymeric Laporte (24) Rodri (16) dan Marcos Llorente (6).

Spanyol memasang tiga gelandang yakni Pedri (26) di kiri,  Sergio Busquets (5) di tengah dan Gavi (9) di sayap kanan. Sementara di bagian depan ada tiga penyerang yakni Dani Olmo (21); Marco Asensio (10) dan Ferran Torres (11).

Pada perjalanan di babak penyisian di grup Spanyol tercatat panen gol dengan mencetak sebanyak 7 gol. 

Selain itu,  Spanyol bermain seri melawan Jerman dengan skor 1 - 1. Spanyol juga sempat dikalahkan oleh Jepang dengan skor 2 - 1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru