Booster Puasamu dengan Tips Menarik dari Greenfields

Rabu, 13 April 2022 | 17:13 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Booster Puasamu dengan Tips Menarik dari Greenfields

ILUSTRASI. Hadir dengan kemasan baru, Greenfields tetap persembahkan semua kebaikan 100% susu sapi segar dalam seluruh rangkaian produknya.


MAKANAN & MINUMAN - Setelah dua tahun belakangan kita dianjurkan untuk menunaikan ibadah puasa dan merayakan Hari Raya Idul Fitri #DiRumahAja. Akhirnya pada tahun ini kita mulai bisa kembali berkumpul bersama teman dan keluarga untuk berbuka puasa bersama dengan penuh sukacita dan tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan.

Mungkin di antara anda bahkan sudah ada yang merencanakan perjalanan mudik untuk kembali bisa merayakan Lebaran bersama keluarga dan kerabat. Bagi sebagian orang bersosialisasi dan bepergian dalam batasan tertentu dirasa lebih aman. Ya, karena beberapa orang sudah mendapatkan vaksin dua kali dan banyak juga di antara anda yang sudah mendapatkan booster vaksin.

Nah untuk menunjang aktivitas selama bulan puasa, dan menjaga stamina tubuh tentunya Anda juga perlu memperhatikan asupan gizi yang cukup. Ahli gizi Esti Nurwanti, S.Gz, RD, MPH, Ph.D juga mengingatkan pentingnya tetap berolahraga di bulan puasa dan sebaiknya dilakukan secara teratur setiap hari.

Baca Juga: Ingin Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa? Lakukan Olahraga Ringan Ini!

“Puasa bukan jadi halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Anda bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang setelah berbuka puasa agar fit, saat tubuh sudah terpenuhi asupan energinya,” ucap Esti Nurwanti yang juga merupakan dosen dan founder aplikasi @gizinusantara.

Sebagai gambaran olahraga apa saja yang bisa anda lakukan setelah berbuka puasa, berikut rangkumannya; 

  1. Jalan santai: jalan kaki memiliki banyak manfaat bagi tubuh, antara lain menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, memperkuat tulang, serta mengurangi lemak tubuh.
  2. Jogging: olahraga ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan kekuatan tulang, memperkuat otot, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga berat badan.
  3. Naik turun tangga: gerakan sederhana seperti naik turun tangga dapat membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan dalam berolahraga, hingga meningkatkan kekuatan tubuh.
  4. Sit up dan push up: jenis olahraga ringan ini memiliki banyak manfaat, seperti menjaga postur tubuh, membangun otot perut, mengurangi risiko nyeri pinggul, hingga meningkatkan kelenturan tubuh.

Baca Juga: 5 Tips Berpuasa Aman untuk Penderita Anemia

Selain berolahragan, selama menunaikan ibadah puasa, asupan gizi yang tepat juga menjadi hal penting untuk diperhatikan. Kenapa? Karena mengkonsumsi makanan bergizi dapat meningkatkan dan mempertahankan imunitas tubuh. Hal ini juga berdampak baik ketika anda menunaikan ibadah puasa. Selain berjalan lancar, anda juga dapat menurunkan kemungkinan terkena virus.

Menurut Esti Nurwanti, salah satu sumber nutrisi yang baik adalah susu sapi segar karena memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan kita. Katanya, susu sapi segar memiliki beragam manfaat yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh selama kita berpuasa. Salah satunya adalah untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh.

“Susu merupakan salah satu asupan yang kandungan nutrisinya memiliki banyak manfaat untuk mendukung kerja sistem imun tubuh, seperti protein, zink, Vitamin A, Vitamin B1, B2, dan kalsium,” imbuh Esti lebih lanjut. Esti pun menganjurkan untuk minum susu secara teratur dua kali sehari, pada saat sahur dan sebelum tidur.

Baca Juga: Ketahui 4 Cara Menjaga Bibir Tetap Lembap Selama Puasa

Menurutnya, dengan minum susu saat sahur, anda dapat menambah cairan tubuh yang hilang dan membantu memberikan rasa kenyang lebih lama karena kandungan protein di dalamnya.

“Susu juga mengandung kalsium dan sejumlah vitamin yang dibutuhkan tubuh, serta membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh saat berpuasa,” jelasnya.

Segelas susu yang diminum di malam hari juga ditambahkan Esti akan membantu anda untuk tidur lebih cepat berkat asam amino triptofan dan melatonin. Asam amino triptofan merupakan senyawa yang memiliki sifat bawaan sehingga membantu proses tidur asam amino triptofan lebih cepat.

Selain itu, triptofan berperan dalam meningkatkan serotonin yang dapat mengatur suasana hati atau membantu sebagai mood booster, meningkatkan relaksasi tubuh, dan juga mempengaruhi produksi hormon melatonin dalam siklus tidur yang sangat penting saat berpuasa.

Baca Juga: Cara Ampuh Mencegah dan Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Susu segar juga turut berperan sebagai immunity booster dengan berbagai kandungan baik, terutama protein. Protein dibutuhkan dalam banyak fungsi vital dalam tubuh. Salah satunya adalah memaksimalkan kerja sistem imun dalam melawan berbagai infeksi.

Kandungan protein juga gunakan untuk membentuk otot. Sebanyak 90 persen kandungan protein yang bisa ditemukan di minuman seperti susu akan tubuh serap untuk muscle (otot) booster yang rusak.

Mengetahui berbagai manfaat dan kelebihan dari segelas susu yang bisa membantu memberikan booster untuk mood, imunitas dan otot, Greenfields mempersembahkan rangkaian produk susu segar dan dairy products untuk bisa kita nikmati terutama di pagi hari saat sahur, saat berbuka puasa, dan di malam hari sebelum tidur.

Susu Segar Greenfields juga sangat enak untuk dipakai sebagai bahan pelengkap hidangan berbuka puasa. Bagi anda yang ingin mencoba kudapan berbahan susu, berikut beberapa resep dari Greenfields untuk dapatkan hidangan yang lezat bernutrisi untuk sahur atau acara buka puasa bersama teman dan kerabat.

Baca Juga: Dijamin Makin Akrab, Ini 4 Rekomendasi Film Tentang Persaudaraan

Nasi Gurih Daun Jeruk

Bahan Nasi:

  • 1 gelas beras
  • 1/3 gelas air
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 10 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai
  • 1 sdt garam
  • 1 gelas Greenfields Fresh Milk

Bahan Telur dadar:

  • 2 butir telur
  • 3 sdm Greenfields Whipping Cream
  • Garam dan lada secukupnya

Bahan Tempe Orek:

  • 1 papan Tempe potong korek api
  • ½ sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • Garam dan lada secukupnya
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 1 sdm kecap manis

Baca Juga: Rekomendasi 3 Resep Takjil Cheese Drink ala Kafe

Cara membuat:
Masak nasi:

  1. Cuci beras sampai bersih lalu tiriskan.
  2. Tambahkan Greenfields Fresh Milk dan air.
  3. Buang bagian tulang daun jeruk.
  4. Masukkan daun jeruk yang sudah digunting kecil-kecil.
  5. Tambahkan garam, kaldu bubuk, dan serai yang sudah
  6. dimemarkan lalu aduk rata.
  7. Masak nasi dengan rice cooker sampai matang.

Masak telur dadar:

  1. Pecahkan telur ke dalam mangkuk.
  2. Tambahkan garam, lada, dan Greenfields Whipping Cream.
  3. Kocok telur sampai rata.
  4. Masak dengan api kecil sampai matang merata.
  5. Gulung telur dadar lalu potong tipis-tipis.

Masak tempe orek:

  1. Goreng tempe sampai kering.
  2. Tumis cabai dan semua bumbu sampai harum.
  3. Masukkan tempe dan aduk rata.

Sajikan nasi bersama tempe, telur, kerupuk dan bawang goreng.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah dan Berbuka Puasa di 5 Kota Besar Hari ini Selasa 12 April 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Jane Aprilyani

Terbaru