Belanja

Bukan Lagi Livestream, Intip Saran untuk Tingkatkan Omzet Toko Online Berikut Ini

Selasa, 14 November 2023 | 17:29 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Bukan Lagi Livestream, Intip Saran untuk Tingkatkan Omzet Toko Online Berikut Ini

ILUSTRASI. CEO AHA Commerce Stephen Lawrence.


E-COMMERCE - JAKARTA. Persaingan bisnis toko online di marketplace makin ketat. Tercatat, sampai Juni 2022, ada sekitar 11 juta UMKM di Indonesia yang sudah menjajaki penjualan secara online. Hal itu sejalan dengan perilaku masyarakat yang makin nyaman belanja online. 

Untuk itu, para pebisnis online harus mengatur strategi jitu untuk bisa meningkatkan pertumbuhan omzet. Berikut ini, 5 strategi yang bisa dilakukan pebisnis online untuk meningkatkan omzet di toko online pada 2024.

Jika dilihat sepanjang 2023, salah satu strategi para pebisnis online untuk meningkatkan omzet adalah dengan mengoptimalkan live streaming, terutama hadirnya TikTok Shop yang bisa terintegrasi dengan TikTok Live. Lalu, beberapa platform marketplace seperti Shopee dan Lazada pun membuat langkah sama dengan TikTok, dengan mengintegrasikan toko online dengan live streaming.

Dengan booming-nya jualan dengan live streaming, banyak pebisnis online fokus untuk mencari trafik agar pengunjung live-nya bisa ramai. Dengan harapan, semakin tinggi trafik live, berarti peluang mendapatkan penjualan juga semakin besar. Bahkan, untuk bisa meningkatkan trafik, para pebisnis online sampai menggandeng key opinion leader (KOL) dengan biaya yang tidak sedikit. 

Baca Juga: Brand Lokal dan UMKM Raih Peningkatan Transaksi 7 Kali Lipat di Shopee 11.11 Big Sale

Stephen Lawrence, CEO AHA Commerce, mengatakan menurut hasil riset Mckinsey berjudul It;s Showtime! How Live Commerce is Transforming the Shopping Experience pada 21 Juli 2021 mengungkapkan penjualan via livestreaming lebih sangat efektif meningkatkan awareness serta mendorong kenaikan penjualan secara instan.

Namun, sangat kurang efektif untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Sementara itu, saat tren ini booming di Indonesia, para pebisnis online hanya fokus mencari trafik dari livestream, tanpa memikirkan strategi menaikkan loyalitas konsumen. 

“Untuk itu, pada 2024 nanti, kami menyarankan agar pebisnis online untuk tidak hanya fokus ke investasi pengembangan infrastruktur live streaming dan biaya influencer program yang ujung-ujungnya cuma mendapatkan kenaikan omzet sementara akibat mendapat konsumen yang hanya membeli sekali," kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa (14/11).

"Lebih baik fokus untuk mengembangkan trafik organik secara perlahan-lahan agar audiens yang masuk ke toko online kita adalah yang benar-benar membutuhkan produk tersebut. Lalu, dari situ, kita bisa memberikan layanan terbaik agar konsumen baru ini bisa loyal. Soalnya, prinsip fundamental dalam membangun bisnis adalah memberikan layanan terbaik ke konsumen,” ujarnya.

Selain fokus membangun trafik organik secara perlahan-lahan, berikut ini ada 5 strategi lainnya untuk meningkatkan omzet toko online di 2024

1. Gunakan Strategi Marketing Online yang Tepat
Para pengusaha yang ingin penetrasi ke pasar online harus fokus kepada 2 hal, yakni Great Product, berarti memiliki produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar, dengan harga kompetitif, serta memiliki unique selling point (USP) yang jelas. USP sendiri adalah strategi bisnis untuk bisa menunjukkan nilai atau kelebihan produknya dibandingkan dengan kompetitor kepada target marketnya.  

Selain itu, pengusaha juga harus menggunakan strategi marketing dan penjualan yang sesuai dengan channel yang digunakan. Banyak pengusaha yang mengalami kegagalan dalam transformasi bisnis secara online karena menganggap strategi marketing dan penjualan offline bisa diterapkan untuk channel online. Padahal, implementasi strategi  keduanya sangat berbeda.

Baca Juga: Sambut Hari Diabetes Sedunia, Tokopedia & Ahli Gizi Ungkap Cara Cegah Risiko Diabetes

Perbedaannya terbesarnya adalah terkait pengukuran kesuksesan strategi pemasaran. Strategi marketing offline tidak ada indikator yang bisa diukur untuk menilai sukses atau tidaknya sebuah kampanye pemasaran. Sementara itu, strategi marketplace online punya indikator yang bisa diukur dari keberhasilan sebuah iklan, seperti jumlah klik, pembeli, penjualan, dan sebagainya. 

Untuk itu, hal terpenting dalam strategi marketing online adalah kemampuan membaca dan mengolah data yang tersedia untuk membuat keputusan bisnis yang benar. 

2. Jangan Terpaku Hanya di Satu Platform Marketplace
Kini, banyak platform marketplace yang tersedia untuk jualan, di mana setiap platform berpotensi memiliki audiens loyal yang berbeda-beda. Dengan begitu, tingkat kehadiran toko online kita di setiap platform membuka peluang mendapatkan audiens atau calon konsumen lebih banyak lagi. 

Dari riset Google Indonesia pada 2022 pun mencatat 92 persen pemilik toko online di Indonesia memiliki lebih dari satu akun marketplace. Dari jumlah itu, sebanyak 63 persen pemilik toko online mengaku adanya kenaikan penjualan setelah memiliki beberapa akun marketplace.

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru