Butter dari BTS dituduh plagiat, Big Hit Music klarifikasi lewat pernyataan resmi

Jumat, 23 Juli 2021 | 16:06 WIB   Penulis: Mega Putri
Butter dari BTS dituduh plagiat, Big Hit Music klarifikasi lewat pernyataan resmi

Big Hit Music mengonfirmasi tidak ada masalah plagiarisme di lagu Butter milik BTS.

KONTAN.CO.ID - Lagu BTS yang berjudul Butter dituduh plagiat dengan melodi You Got Me Down milik Luca Debonaire. Isu plagiarisme ini langsung diklarifikasi agensi. 

You Got Me Down adalah lagu yang dirilis tahun 2020. Belum lama ini, di komunitas online ramai dibahas isu plagiarisme karena kemiripan beberapa melodi di dua lagu itu. 

Butter merupakan lagu yang dirilis BTS pada 21 Mei 2021. Melansir Soompi, Luca Debonaire melalui media sosial mengungkapkan, dia membeli melodi di Sebastian Garcia pada 2019. 

BTS

Baca Juga: 3 Drakor terbaru di Netflix bulan Juli, Kingdom: Ashin of the North akhirnya tayang

Di sisi lain, Sebastian Garcia juga menjadi komposer dalam lagu Butter. Usai ramai dibicarakan fans, Big Hit Music mengungkapkan, tidak ada masalah plagiat dalam lagu Butter

Tanggapan agensi BTS

"Sudah dikonfirmasi bahwa tidak ada isu hak cipta terkait Butter," terang Big Hit Music, seperti dikutip dari Soompi. Big Hit Music menjelaskan proses produksi Butter

"Ini adalah lagu yang diselesaikan dan dirilis setelah melewati proses mengonfirmasi semua penulis bahwa tidak ada isu apapun dengan lagunya," terang agensi BTS. 

BTS

Baca Juga: Rating drakor Hospital Playlist 2 semakin meningkat, kalahkan Monthly Magazine Home

Big Hit Music menegaskan, saat ini tidak ada permasalahan terkait hak cipta. Big Hit Music juga berkata, lagu Butter tetap dimiliki oleh BTS sekaligus agensi. 

"Meski begitu, kami tahu tentang tuduhan adanya masalah terkait hak cipta. Tapi, hak musik tersebut masih milik Butter," imbuh agensi grup K-Pop BTS tersebut. 

Sementara itu, Butter telah sukses menguasai Billboard Hot 100 selama 7 minggu berturut-turut. Kini posisi itu ditempati lagu baru BTS yang berjudul Permission to Dance.

Selanjutnya: Pernah gagal jadi Black Widow, ini kesan Scarlett Johansson 10 tahun di Marvel

Editor: Mega Putri
Terbaru