BWF bekukan ranking bulu tangkis dunia, bagaimana kualifikasi Olimpiade?

Rabu, 01 April 2020 | 07:03 WIB   Reporter: Wahyu Tri Rahmawati
BWF bekukan ranking bulu tangkis dunia, bagaimana kualifikasi Olimpiade?

ILUSTRASI. Sejumlah pebulutangkis dari berbagai negara berlatih sekaligus mencoba lapangan pertandingan jelang turnamen bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, Senin (13/1/2020).


BULU TANGKIS - JAKARTA. Federasi Bulu Tangkis Dunia atau Badminton World Federation (BWF) resmi membekukan peringkat dunia untuk level senior dan junior. Keputusan ini diambil karena tidak adanya turnamen seusai gelaran All England Open 2020. BWF mengumumkan pembekuan ranking dunia pada Selasa (31/3).

Dalam keterangan resminya, BWF membekukan peringkat dunia hingga waktu yang belum ditentukan. Pembekuan ranking dunia merupakan dampak tidak adanya turnamen bulu tangkis akibat pandemi corona. "BWF mengumumkan akan pembekuan peringkat dunia dan peringkat dunia junior hingga pemberitahuan lebih lanjut," demikian bunyi keterangan resmi BWF.

"Karena pandemi Covid-19, bulu tangkis telah mengalami penangguhan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk turnamen internasional dari pertengahan Maret 2020 hingga akhir April 2020."

Baca Juga: Olimpiade 2020 ditunda, BWF buka opsi pembekuan peringkat dunia

BWF menambahkan, pembekuan ranking akan menjadi dasar penentuan unggulan pada saat turnamen kembali digelar. "Saat ini, sulit untuk memprediksi kapan turnamen internasional berikutnya akan berlangsung, dengan turnamen lebih lanjut juga diperkirakan akan ditangguhkan pada Mei dan Juni," ungkap BWF

Pembekuan peringkat akan diatur ke pekan ke-12, yang merupakan minggu setelah turnamen internasional terakhir dimainkan - All England Open 2020. BWF akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai proses bagaimana peringkat akan aktif kembali setelah dimulainya turnamen internasional.

BWF menegaskan bahwa keputusan membekukan ranking dunia mendapat dukungan dari Komisi Atlet. BWF juga masih akan meninjau dampak pembekuan peringkat dunia terhadap kualifikasi Olimpiade Tokyo. "Setelah pengumuman kemarin untuk menjadwal ulang Olimpiade Tokyo 2020 dari 23 Juli sampai 8 Agustus 2021, BWF juga akan memulai proses peninjauan untuk mengonfirmasi dampak pada sistem kualifikasi Olimpiade," tulis BWF.

Baca Juga: PBSI: Indonesia Open 2020 bisa diundur ke September

Sebelumnya, BWF telah menunda sejumlah turnamen hingga akhir Mei 2020. Setelah All England Open 2020, sedianya akan ada empat turnamen besar, yaitu Swiss Open, India Open, Malaysia Open, dan juga Singapore Open. Namun, keempat turnamen itu ditunda. Piala Thomas dan Uber 2020 yang sedianya bakal digelar 16-24 Mei juga diubah menjadi 15-23 Agustus 2020. (Ervan Yudhi Tri Atmoko)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kompetisi Terhenti, BWF Resmi Bekukan Ranking Dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru