EDUKASI - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT secara berkala memberikan informasi terbaru seputar SNMPTN 2021.
LTMPT kembali mengingatkan siswa untuk segera melakukan registrasi akun dan simpan permanen di portal LTMPT.
Selain himbauan, pihak LTMPT juga memberikan informasi tentang pertanyaan yang sering ditanyakan beserta jawabannya.
Informasi tersebut disampaikan melalui unggahan di Instagram LTMPT pada Kamis (28/1/2021) lalu.
Pertanyaan tersebut seputar registrasi akun LTMPT tahap I untuk jalur SNMPTN 2021. LTMPT menghimpun semua pertanyaan yang masuk melalui media sosial, Call Center, dan Helpdesk LTMPT.
Pertanyaan seputar registrasi akun LTMPT
Merangkum Instagram LTMPT, berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang registrasi akun LTMPT.
- Kapan batas waktu untuk registrasi akun LTMPT siswa tahap I?
Registrasi akun siswa LTMPT tahap I akan ditutup pada 1 Februari 2021. Siswa kelas 12 yang mengikuti SNMPTN wajib melakukan registrasi dan simpan permanen sebelum tanggal penutupan.
Semua kegiatan pada tanggal berakhirnya dibatasi sampai pukul 15.00 WIB.
Baca Juga: UGM rangking 1, berikut daftar universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics
- Bagaimana jika tidak menerima email aktivasi?
Coba periksa kotak masuk atau spam pada email yang di daftarkan. Pastikan menggunakan akun googlemail untuk mendaftar akun LTMPT.
Jika dalam 1x24 jam belum mendapatkan email aktivasi, dapat mencoba kembali mendaftar akun LTMPT menggunakan email yang aktif.
- Bagaimana jika terjadi kesalahan data siswa atau data sekolah?
Jika terjadi kesalahan data siswa atau NISN, bisa diselesaikan melalui Pusdatin Kemdikbud atau Pendis Kemenag. Siswa bisa menghubungi pihak terkait untuk melakukan perbaikan data.
Untuk sekolah, bisa memperbarui data sekolah terlebih dahulu di http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/verval/.
Setelahnya, tunggu verifikasi data oleh Pusdatin dengan memantau laman http://pd.data.kemdikbud.go.id/ltmpt/. Selanjutnya, klik tombol "Perbarui Data" pada akun LTMPT secara berkala.
- Bagaimana jika terjadi kesalahan dalam input data atau foto dan akun sudah disimpan permanen?
Sesuai dengan disclaimer pada laman pendaftaran akun LTMPT, data pada akun yang sudah di simpan permanen tidak bisa lagi diubah.
Siswa dihimbau untuk berhati-hati dan teliti serta mengikuti panduan saat mengunggah foto.
- Bagaimana jika terjadi kesalahan data alamat/NIK?
NIK atau data alamat yang salah bisa diperbaiki saat telah di terima di PTN.
Jika data yang diisikan sudah benar dan lengkap, siswa dihimbau untuk melanjutkan pendaftaran dan simpan permanen.
- Kapan batas waktu sekolah melakukan finalisasi?
Penetapan siswa yang eiligible dan pengisian PDSS oleh sekolah ditutup pada 8 Februari 2021.
Semua kegiatan pada tanggal berakhirnya dibatasi sampai pukul 15.00 WIB.
- Bagaimana jika nama kepala Sekolah salah atau tidak muncul?
Pihak sekolah bisa melakukan pembaharuan data mengenai Kepala Sekolah pada laman http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/verval/.
Setelahnya, tunggu verifikasi data oleh Pusdatin dengan memantau laman http://pd.data.kemdikbud.go.id/ltmpt/. Selanjutnya, klik tombol "Perbarui Data" pada akun LTMPT secara berkala.
Informasi seputar registrasi akun LTMPT bisa dilihat di laman https://ltmpt.ac.id/ atau Instagram LTMPT di @ltmptofficial.
Selanjutnya: Jelang penutupan daftar akun LTMPT, simak lagi 20 PTN paling diminati di SNMPTN 2021
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News