HOME

Cara membersihkan laptop dengan mudah, mulai dari keyboard hingga layarnya

Rabu, 09 September 2020 | 08:11 WIB   Reporter: Prihastomo Wahyu Widodo
Cara membersihkan laptop dengan mudah, mulai dari keyboard hingga layarnya

ILUSTRASI. Membersihkan laptop secara teratur juga dapat menjaga performa laptop secara keseluruhan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai gadget yang dipakai setiap hari, laptop Anda pastinya menyimpan banyak sekali kotoran dan debu. Parahnya lagi, kotoran yang menumpuk bisa menyebabkan beberapa fungsi fisik terganggu.

Di tengah wabah virus yang merebak belakangan ini, kebersihan laptop juga harus semakin diperhatikan. Bisa saja ada virus atau bakteri lain yang menempel di laptop kesayangan Anda.

Melihat fakta itu, sangat disarankan untuk rutin membersihkan laptop secara berkala. Cara membersihkan laptop juga cukup beragam dan mudah dilakukan.

Berikut ini kami coba rangkum cara membersihkan laptop dengan sederhana dan pastinya mudah dilakukan sendiri di rumah.

Baca Juga: Spesifikasi dan harga Oppo Reno 4, jagoan Oppo di tahun 2020

Cara membersihkan laptop

Laptop terdiri dari beberapa bagian utama seperti bagian keyboard dan layar. Masing-masing memerlukan perlakuan khusus yang berbeda.

Dua bagian utama ini juga merupakan bagian yang sangat penting dalam rutinitas membersihkan laptop. Terkadang ada kotoran yang membekas di layar, atau bahkan menyelip di sela-sela tombol keyboard.

Alat dan bahan

- Alkohol isopropil, alkohol jenis ini mudah ditemukan di toko-toko bahan kimia atau bahkan supermarket. Cairan ini sangat cocok digunakan untuk membersihkan laptop.

- Air mineral atau air suling, dikutip dari Life Wire, air yang berasal langsung dari keran bisa meninggalkan bercak saat mengering.

- Kain mikrofiber, kain jenis ini biasa digunakan untuk membersihkan kacamata. Jangan gunakan handuk, tisu, atau kain lain yang lebih kasar.

- Peniup debu, untuk alat yang satu ini Anda perlu membelinya secara khusus. Tapi tenang, alat pembersih yang satu ini mudah didapat di toko-toko aksesoris laptop terdekat.

Alat peniup debu

Baca Juga: HP cepat panas bisa berbahaya, begini cara mencegahnya!

Cara membersihkan layar laptop

Untuk membersihkan layar laptop, Anda perlu menyiapkan kain mikrofiber dan larutan alkohol isopropil. Campurkan alkohol dan air mineral dengan perbandingan 1:1.

Basahi kain dengan larutan alkohol secukupnya, lalu usapkan ke bagian layar dengan perlahan. Perlu diingat, jangan langsung menuangkan atau menyemprotkan cairan alkohol langsung ke bagian layar.

Cara membersihkan keyboard laptop

Gunakan alat peniup debu yang sudah disiapkan tadi untuk meniup debu atau kotoran yang ada di sela-sela tombol keyboar. Pastikan untuk teliti dan bersabar agar semua bagian bersih.

Anda juga dapat membersihkan keyboard dengan membalik laptop dan dengan lembut meniupkan sisa-sisa yang terlepas, dan menekan tombol untuk membantu prosesnya.

Dalam kondisi mati, kalian juga bisa menggunakan larutan alkohol tadi untuk membersihkan permukaan keyboard yang kotor dan berminyak.

Selanjutnya: Cara membersihkan case HP yang menguning, mudah dan cepat!

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo


Terbaru