Gadget

Cara membuat Google Form, ditambah desain agar lebih menarik

Senin, 27 Juli 2020 | 15:21 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Cara membuat Google Form, ditambah desain agar lebih menarik

ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perkembangan teknologi semakin memudahkan kegiatan manusia, termasuk dalam membuat dan menyebarkan formulir. Cara membuat Google Form sangat mudah, lho. Bahkan, formulir yang akan Anda sebar bisa didesain terlebih dahulu agar tampilannya semakin menarik.

Ada banyak fungsi Google Form yang bisa Anda miliki. Mulai dari menjaring informasi publik hingga memenuhi kebutuhan penelitian yang sedang dilakukan (penelitian yang menggunakan metode survei). Tak hanya bisa dilakukan dengan cepat, cara membuat Google Form tidak membutuhkan biaya sama sekali alias gratis.

Baca Juga: Mau rapat sembari WfH, ini cara efektif pakai zoom di laptop

Cara Membuat Google Form

Cara membuat Google Form yang pertama adalah dengan membukaaplikasi Google Form. Anda bisa mengaksesnya di docs.google.com/forms. Setelah terbuka, Anda bisa memilih, apakah ingin membuat formulir dalam bentuk template (informasi kontak, RSVP, undangan, pendaftaran, dll.) atau formulir kosong.

Jenis formulir apapun yang Anda pilih, Anda akan diarahkan menuju halaman selanjutnya. Pada halaman ini, ada beberapa bagian yang bisa Anda isi. Karena tampilannya yang sangat simpel, Anda tak perlu khawatir akan mengalami kesulitan.

Cara membuat Google Form bisa Anda lanjutkan dengan mengisi bagian-bagian yang tersedia. Anda bisa mengisi judul form, deskripsi atas form Anda, dan pertanyaan beserta opsi yang Anda sediakan. Tak hanya itu, Anda juga bisa menambah pertanyaan, judul dan deskripsi,  gambar, video, dan bagian formulir sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Lagi tren, berikut cara efektif Zoom meeting di laptop

Setelah semua kebutuhan form Anda isi, Anda bisa melakukan preview terlebih dahulu dengan menekan simbol mata di bagian kanan atas. Jika sudah puas dengan preview Google Form Anda, cara membuat Google Form bisa Anda akhiri dengan menekan tombol kirim.

Desain Cara Membuat Google Form

Seperti yang sudah dikatakan, cara membuat Google Form juga bisa Anda beri desain. Caranya adalah dengan menekan simbol papan cat warna di sebelah kiri simbol mata untuk pilihan preview.

Opsi yang tersedia untuk membuat Google Form menjadi lebih menarik adalah memilih gambar untuk header, warna tema dan warna latar belakang, serta jenis huruf yang ingin Anda gunakan. Pilihan Anda terhadap opsi tema akan langsung terpasang, jadi Anda tidak perlu menekan tombol save apapun.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru