Cara Memilih Tempat Magang yang Sesuai Minat dan Kemampuan, Pelajar Perlu Catat

Kamis, 23 Februari 2023 | 16:56 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Cara Memilih Tempat Magang yang Sesuai Minat dan Kemampuan, Pelajar Perlu Catat

ILUSTRASI. Cara Memilih Tempat Magang yang Sesuai Minat dan Kemampuan, Pelajar Perlu Catat./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/09/10/2017.


EDUKASI -  Magang merupakan salah satu materi pembelajaran yang penting untuk diambil saat sudah mencapai tahun ajaran tertentu bagi siswa vokasi atau mahasiswa jurusan tertentu. 

Biasanya siswa bisa memilih tempat untuk melaksanakan magang sesuai dengan keinginan mereka sendiri dengan dibimbing oleh guru maupun dosen. 

Agar pilihan tempat magang sesuai dengan kemampuan serta keinginan Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Apa saja hal-hal tersebut? Berikut ini rangkuman dari Instagram Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek tentang tips memilih tempat magang yang tepat.

Baca Juga: Jenis-Jenis Flora dan Fauna di Indonesia dan Wilayah Persebarannya

Memilih perusahaan sesuai dengan kompetensi

Jangan sampai perusahaan yang Anda dipilih justru tidak mengakomodasi kompetensi keahlian yang Anda miliki.

Akibatnya, Anda tidak akan mendapatkan ilmu yang sesuai untuk memperkaya hard skill yang sudah dipelajari. Anda tidak akan mengetahui apa yang sedang berkembang di bidang kompetensi Anda. 

Hal ini tentu akan merugikan siswa karena kemampuan yang selama ini dipelajari tidak bisa berkembang dengan baik.

Cek kredibilitas perusahaan

Kredibilitas ini tidak hanya terkait dengan nama besar perusahaan saja, tetapi juga terkait dengan bagaimana manajemen perusahaannya, sistem kerja, lingkungan dan budaya kerjanya, dan sebagainya.

Dengan melihat keseluruhan aspek tersebut, siswa bisa lebih nyaman dan bersemangat untuk menjalani program magang.

Lihat keuntungan yang ditawarkan

Kadang tujuan magang tidak hanya untuk pengalaman kerja saja, tetapi juga belajar, mencari relasi, atau bahkan batu pijakan agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

Karenanya, pastikan, hal-hal tersebut bisa menjadi pertimbangan saat memilih tempat magang. Jangan hanya ikut-ikutan dengan teman atau gengsi semata.

Lokasi tempat magang

Pada dasarnya magang bisa dilakukan di mana saja. Semua tentu ada keuntungan dan kelebihannya, tetapi ketika magang dilakukan di perusahaan di luar negeri, tentu
akan memberikan nilai tambah. 

Apalagi peluang magang di luar negeri juga terbuka lebar melalui berbagai skema. Saat ini sudah banyak lowongan program magang di luar negeri yang bisa dicoba oleh siswa dan mahasiswa Vokasi.

Baca Juga: Pilih Undip di SNBP 2023? Ini Daftar Jurusan di Undip dengan Kuota SNBP Terbanyak

Teliti tanggung jawab selama magang

Pastikan apakah tugas yang akan dilakukan saat magang sesuai dengan keilmuan yang dipelajari dan ilmu yang Anda butuhkan ke depannya. 

Memastikan job description juga berfungsi agar kalian lebih fokus saat magang, dan beban kerja kalian tidak terlalu berlebihan.

Selain itu skill atau kemampuan selama di sekolah atau perkuliahan bisa diterapkan dan dikembangkan dengan baik jika Anda memahami tanggung jawab selama magang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru