Cara Mengusir Nyamuk, Coba Tanam 6 Jenis Bunga Pengusir Nyamuk Ini

Rabu, 04 Mei 2022 | 11:42 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cara Mengusir Nyamuk, Coba Tanam 6 Jenis Bunga Pengusir Nyamuk Ini

ILUSTRASI. Jenis-jenis tanaman hias atau bunga untuk mengusir nyamuk.


KESEHATAN - Nyamuk adalah hewan yang wajib dibasmi karena dapat menyebarkan berbagai penyakit. Terdapat cara alternatif yang bisa Anda lakukan yaitu denga menanam bunga pengusir nyamuk di rumah Anda.

Selain efektif dapat mengusir nyamuk, beberapa jenis bunga tersebut juga cocok untuk ditanam hingga dipajang untuk menghiasi rumah Anda. 

Sebenarnya ada banyak cara pengusir nyamuk yang dijual di pasaran. Namun, kebanyakan berbahan kimia dan berbahaya bagi kesehatan Anda dan hewan peliharaan. 

Baca Juga: 7 Manfaat Markisa bagi Kesehatan yang Menarik untuk Diketahui

Oleh karena itu, sebagai alternatif ada beberapa jenis bunga pengusir nyamuk yang dilansir dari Country Living bisa Anda coba tanam di rumah. 

1. Basil 

Rekomendasi bunga pengursir nyamuk yang pertama adalah basil. Tanaman ini dipercaya dapat mengusir nyamuk dengan ditempatkan di area yang kerap menjadi sarang binatang tersebut. 

2. Lavender 

Lavender tentunya sudah tidak asing di telinga Anda. Pasalnya, bunga pengusir nyamuk ini terbilang cukup populer di Indonesia. 

Selain dapar mengusir nyamuk, lavender mempunyai aroma yang enak untuk ruangan. 

Baca Juga: Tradisi Makan di Atas Daun Pisang, Ternyata Ada Manfaatnya Lo

3. Peppermint

Rekomendasi tanaman hias yang mampu mengusir nyamuk selanjutnya yaitu peppermint. Pasalnya, peppermint mengeluarkan aroma yang kurang disukai oleh nyamuk.

Oleh karena itu menanam peppermint di rumah menjadi salah satu cara efektif mengusir nyamuk. Selain itu, tanaman pengusir nyamuk ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan masakan. 

4. Serai 

Serai juga merupakan bunga atau tanaman pengusir nyamuk yang bisa dijadikan opsi. Sama seperti peppermint, serai juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan masakan. 

5. Marigold

Rekomendasi bunga pengusir nyamuk lainnya adalah marigold. Selain efektif bisa membuat nyamuk kocar-kacir marigold merupakan tanaman yang indah untuk dipajang. 

Pasalnya, tanaman pengusir nyamuk ini mempunyai warna-warna yang bagus membuat ruangan menjadi lebih estetik. 

Baca Juga: MP3 Juice, Download Lagu Musik YouTube Gratis Tinggal Tempel Link

6. Rosemary

Bunga pengusir nyamuk terakhir yaitu rosemary. Kenapa rosemary? Hal tersebut dikarenakan tanaman ini mengeluarkan aroma kuat yang tidak sukai oleh nyamuk. 

Oleh karena itu rosemary cocok untuk dijadikan opsi bunga pengusir nyamuk. Selain itu cara merawat tanaman ini juga relatif mudah.

Demikian beberapa jenis bunganpengusir nyamuk yang bisa dijadikan opsi. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru