Cara Meningkatkan Kesuburan, Simak 5 Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Sabtu, 09 April 2022 | 11:05 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cara Meningkatkan Kesuburan, Simak 5 Manfaat Kencur untuk Kesehatan


KONTAN.CO.ID - Kencur adalah salah satu rempah yang sering dijadikan bahan untuk ramuan berbagai macam obat. Sebab, kencur mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat meningkatkan kesuburan.

Manfaat kencur tersebut berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Salah satunya adalah kandungan antioksidan yang mampu menangkal berbagai macam radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. 

Salah satu jenis antioksidan yang terkandung dalam kencur adalah polifenol yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dan kadar gula darah. 

Baca Juga: Hati-Hati! Simak 5 Efek Samping Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Pedas

Selain itu, dilansir dari Healthline, ada beberapa manfaat kencur lain yang menarik untuk Anda ketahui dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan:

Meningkatkan kesuburan 

Salah satu manfaat mengonsumsi kencur adalah mampu meningkatkan kesuburan, khususnya bagi pria. Sebuah penelitian menunjukan, pria yang mengonsumsi kencur secara rutin dapat meningkatkan produksi sperma.

Meski demikian, masih harus ada penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

Mencegah kanker

Kandungan nutrisi dan senyawa dalam kencur dipercaya dapat membunuh sel-sel kanker dan mencegah penyebarannya. Soalnya, kencur mengandung senyawa yang bernama galangin yang berperan dalam membunuh sel-sel jahat.

Menurunkan risiko vibriosis

Kencur juga mempunyai manfaat yang dapat menurunkan risiko vibriosis. Vibriosis adalah infeksi yang terjadi karena Anda mengkonsumsi kerang mentah. Hal tersebut bisa dicegah jika Anda mengonsumsi kencur secara rutin. 

Baca Juga: 8 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan, Cocok untuk Menurunkan Berat Badan Saat Diet

Menambah nafsu makan 

Manfaat kencur lainnya, dapat menambah nafsu makan. Pasalnya, kencur juga merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk ramua suplemen nafsu makan yang dijual di pasaran. 

Mengatasi peradangan 

Kencur juga mengandung antiinflamasi yang mampu mengatasi berbagai macam peradangan atau inflamasi. 

Meski kencur mempunyai segudang manfaat yang baik untuk kesehatan, Anda tetap tidak boleh mengonsumsi kencur secara berlebihan karena akan menimbulkan efek samping yang justru akan berbahaya bagi kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru