Catat 5 Oleh-Oleh Khas Bandung yang Cocok Dibeli Saat Libur Nataru

Minggu, 24 Desember 2023 | 07:10 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Catat 5 Oleh-Oleh Khas Bandung yang Cocok Dibeli Saat Libur Nataru

ILUSTRASI. Pekerja mendinginkan singkong yang telah direbus untuk dijadikan peuyeum atau tape di Desa Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (19/2). Pekerja menyatakan produksi tape pada musim hujan menurun hingga 10 persen atau sekitar empat kuintal perhari dengan harga Rp 12.500 per kilogram yang di akibatkan minimnya pasokan singkong dari petani setempat. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww/18


KULINER - Oleh-oleh khas Bandung rasanya menjadi hal yang penting dibeli saat liburan Natal dan Tahun Baru 2024 mendatang. Pasalnya, Bandung memiliki oleh-oleh yang khas dan menarik untuk dijadikan hadiah.

Tidak heran, para wisatawan yang datang bisa memilih berbagai macam objek wisata dan menyantap berbagai kuliner khas Bandung.

Agar orang terdekat bisa mencicipi bagaimana rasanya makanan-makanan dari Bandung. Berikut ada beberapa rekomendasi makanan legendaris yang cocok dijadikan oleh-oleh khas Bandung;

Baca Juga: Kumpulan 25 Caption Bahasa Inggris yang Inspiratif dan Cocok Untuk Media Sosial

1. Peuyeum Bandung

Peuyeum Bandung merupakan rekomendasi pertama oleh-oleh khas Kota Kembang ini. Makanan fermentasi dari singkong ini memiliki cita rasa yang manis dan enak untuk disantap langsung atau bisa juga diolah lagi.

Makanan ini bisa diolah menjadi peuyeum goreng, kolak, atau dibuat es doger. Harga peuyeum Bandung ini dibanderol dengan kisaran harga 20.000 rupiah per kilogram.

Peuyeum Bandung ini cukup mudah ditemui di berbagai sudut Kota Bandung, salah satunya Leuwipanjang, Pasteur dan Citatah.

Baca Juga: 7 Makanan yang Dapat Meningkatkan Mood, Tidak Hanya Cokelat Loh

2. Keripik Tempe Goreng

Keripik tempe goreng ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Bandung yang paling banyak dipilih. Pasalnya, kripik tempe goreng ini mempunyai berbagai rasa yang enak.

Selain enak, biasanya kripik tempe ini digoreng dadakan sehingga anda bisa melihat proses penggorengan sekaligus menambah cita rasa saat dimakan hangat-hangat.

Kripik tempe goreng ini bisa dibeli sesuai keinginan anda. Serta biasanya di kios kripik tempe goreng ini juga ada peuyeum Bandung yang dijual.

3. Wajit Cililin

Rekomendasi oleh-oleh khas Bandung selanjutnya adalah Wajit Cililin. Salah satu penjual wajit cililin yang terkenal adalah Wajit Asli Cililin Cap Potret Hj. Siti Romlah. 

Berlokasi di Jalan Radio No.1, Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Wajit Cililin mempunyai khas dengan dibungkus oleh daun jagung. 

Panganan ini sangat enak dimakan berbarengan di minuman hangat. Wajit Cililin ini dibanderol dengan harga 15.000 rupiah per 250 gram.

Baca Juga: Jadwal 16 Besar Liga Champions 2023-2024, Dibuka Copenhagen vs Man City Februari

4. Batagor Yunus

Batagor Yunus merupakan pilihan lain oleh-oleh khas Bandung selanjutnya. Berlokasi di Jalan Raya Kopo No.68, Kota Bandung, Batagor ini buka dari jam 07.00-21.00 WIB.

Cita rasa Batagor Yunus bisa membuat lidah ingin terus menyantap makanan satu ini. Batagor Haji Yunus ini sudah ada sejak tahun 1972 sehingga menjadi salah satu makanan yang cukup legendaris di Bandung.

Batagor ini bisa disajikan dengan kuah atau bumbu kacang yang khas. Selain itu batagor ini juga bisa dibeli setengah matang atau mentah sehingga cocok untuk oleh-oleh orang terdekat anda.

Baca Juga: Ini Skuad Timnas Indonesia dan Jadwal Piala Asia 2023

5. Kopi Aroma

Kopi Aroma merupakan salah satu oleh-oleh khas Bandung yang wajib dipilih, apalagi untuk pecinta kopi. Pasalnya kopi ini merupakan salah satu kedai kopi tertua di Bandung karena sudah ada sejak tahun 1930. 

Uniknya kopi aroma ini tidak dijual secara online, oleh karena itu Kopi Aroma wajib dijadikan oleh-oleh jika anda berkunjung ke Bandung.

Toko Kopi Aroma ini buka dari jam 09.00-14.30 WIB, berada di Jalan Banceuy no.51, Kota Bandung. Toko kopi ini masih mempertahankan nuansa klasiknya dan anda akan mencium aroma kopi saat melewat ke toko kopi legendaris ini.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh makanan legendaris khas Bandung yang bisa anda pilih saat berkunjung ke kota kembang. 

Selanjutnya: Hindari Lakukan Hal Ini, Jika Ingin Teflon Anti Lengket Moms Lebih Awet!

Menarik Dibaca: Hindari Lakukan Hal Ini, Jika Ingin Teflon Anti Lengket Moms Lebih Awet!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru