Cerita Sri Mulyani: Dari 10 bersaudara, saya satu-satunya yang tak pernah juara kelas

Senin, 21 Desember 2020 | 04:26 WIB Sumber: Kompas.com
Cerita Sri Mulyani: Dari 10 bersaudara, saya satu-satunya yang tak pernah juara kelas


SRI MULYANI - JAKARTA. Ada cerita mengejutkan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat dirinya menempuh sekolah dasar (SD). Sebagai anak dari dua orang tua yang berprofesi sebagai dosen, Sri Mulyani mengaku kehidupan sekolahnya tak selalu mudah. 

Anak ketujuh dari 10 bersaudara itu mengaku seluruh saudaranya adalah murid yang pintar dan hampir selalu juara kelas di sekolah. Sementara dirinya selama menempuh SD, tidak pernah mengalami juara kelas. 

"Saya 10 bersaudara, setiap terima rapor, setiap semester saya satu-satunya yang tidak juara kelas," ujar Sri Mulyani ketika memberikan paparan dalam acara Girls Leadership Class, Minggu (20/12/2020). 

Bahkan ketika dirinya menduduki tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sri Mulyani mengaku pernah mendapatkan nilai merah, atau di bawah rata-rata di rapornya. 

Baca Juga: Menkeu : Partisipasi perempuan di ekonomi meningkatkan produktivitas negara

"Itu kan mudah sekali membuat saya putus asa, namun mungkin saya beruntung karena orang tua saya pendidik dan mengatakan nlai rapor merah satu pelajaran itu ngga papa, seperti perempuan pakai lipstik, kata ibu saya," ujar Sri Mulyani. 

Berbagai kejadian tersebut menurut Sri Mulyani, tidak seharusnya membuat ia berkecil hati. Sebab, rasa kecil hati tersebut akan menggerogoti rasa percaya diri. Untuk itu, dirinya pun mencoba mencari nilai tambah lain dari dirinya yang dirasa lebih unggul untuk memupuk rasa percaya diri. 

Baca Juga: Sri Mulyani sindir Pertamina soal penyaluran gas elpiji melon

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru