'Ceritakan tentang diri Anda': Apa yang diinginkan perusahaan dan tips menjawabnya

Kamis, 17 September 2020 | 12:59 WIB   Reporter: Tiyas Widya Septiana
'Ceritakan tentang diri Anda': Apa yang diinginkan perusahaan dan tips menjawabnya

ILUSTRASI. 'Ceritakan tentang diri Anda': Apa yang diinginkan perusahaan dan tips menjawabnya.

KONTAN.CO.ID -  Saat proses wawancara kerja, kandidat akan mendapatkan banyak pertanyaan. Dari pertanyaan tersebut, mereka diminta menjawab dengan jujur dan tepat. 

Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah "ceritakan tentang diri Anda". Pertanyaan ini biasa disampaikan di awal sesi interview. 

Kebanyakan peserta akan menjawab dengan menceritakan cerita mengenai dirinya sendiri. Tidak salah memang, tapi tindakan ini juga tidak tetap. 

Kesalahan ini biasa terjadi pada fresh graduate yang sedang menjadi pekerjaan pertama. Tahukah Anda ada makna tersendiri dari pertanyaan 'ceritakan tentang diri Anda'? 

Bersumber dari The Balance Careers, perusahaan sebenarnya ingin melihat seberapa cocok Anda dengan posisi yang dilamar. Mereka ingin tahu apakah pelamar memiliki kriteria yang pas dari ucapan si pelamar. 

Tentu untuk menjawab 'ceritakan tentang diri Anda' butuh beberapa trik agar bisa memikat recruiter. KONTAN.co.id menghimpun beberapa tips menjawab pertanyaan ini dari The Muse dan Indeed. Simak tips nya di bawah ini.

  • Kaitkan jawaban dengan posisi yang dilamar

Saat Anda menceritakan tentang diri Anda, pastikan jawaban Anda sesuai dengan posisi yang dilamar. Misalnya Anda melamar sebagai seorang marketing. Manfaatkan pengalaman Anda berjualan online saat kuliah dulu. 

Jelaskan juga kiat-kiat agar jualan Anda selalu dibeli oleh pelanggan. Tambahkan juga bagaimana Anda menyiasati kesulitan saat berjualan online. 

Recruiter bisa dengan mudah melihat potensi Anda. Tentunya Anda bisa mendapatkan nilai lebih jika mengaitkan kisah Anda dengan posisi yang dilamar.

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru