Cetak Sejarah Lagi! IM Medina Warda Aulia Lolos 16 Besar Piala Dunia Catur 2023

Minggu, 06 Agustus 2023 | 22:59 WIB   Reporter: Sandy Baskoro
Cetak Sejarah Lagi! IM Medina Warda Aulia Lolos 16 Besar Piala Dunia Catur 2023

ILUSTRASI. Pecatur putri Indonesia International Master (IM) Medina Warda Aulia.


FIDE WORLD CUP - JAKARTA. International Master (IM) Medina Warda Aulia (2355) memperbarui rekornya di ajang Piala Dunia Catur (FIDE Women's World Cup) 2023 di Baku, Azerbaijan. Medina berhasil lolos ke babak keempat (16 besar) setelah menyudahi perlawanan Alina Bivol (2366) asal Rusia. 

Perempuan kelahiran kelahiran 7 Juli 1997 merupakan pecatur putri pertama Indonesia yang lolos ke 16 besar FIDE Women's World Cup. Sebelumnya, Medina juga memecahkan rekor lantaran berhasil masuk babak ketiga (32 besar).

Baca Juga: Berharap Lolos 16 Besar FIDE World Cup, Medina Minta Doa Pencinta Catur Indonesia

Pada game kedua babak ketiga yang berlangsung Minggu (6/8), Medina menahan remis Alina. Hasil itu cukup mengantarkannya ke babak keempat dengan skor akhir 1,5-0,5. Di game pertama babak ketiga sehari sebelumnya, Medina berhasil mengalahkan Alina. 

Memegang buah putih, Medina tampil agresif. Memainkan Philidor Defense, Medina membuka langkah pion e4, dibalas Alina dengan pion e5. Kemudian Medina mengeluarkan kuda f3 dan dijawab Alina dengan pion d6. 

Baca Juga: Tampil Solid, Selangkah Lagi IM Medina Warda Aulia Masuk 16 Besar FIDE World Cup 2023

Sampai langkah ke-17, permainan masih imbang. Di langkah ke-18, Medina mulai memancing Alina dengan memainkan gajah ke petak e4. Alina menjawab dengan menteri d6. Langkah ini dianggap blunder. 

Tak ingin membuang kesempatan, Medina memainkan langkah berani sekaligus brilian, yakni mengorbankan gajahnya dengan memakan pion lawan di petak h7. Alina terpaksa menerima pengorbanan itu dengan rajanya. 

Baca Juga: Cetak Sejarah, IM Medina Warda Aulia Lolos ke Babak Ketiga FIDE World Cup 2023

Menteri putih langsung merapat ke petak h5 untuk melakukan tempo skak. Perlahan tapi pasti, pertahanan raja Alina semakin terbuka. Medina leluasa menjalankan menteri dan bentengnya, hingga terbentuk pola perpetual check alias skak abadi. Hasil remis cukup bagi Medina untuk lolos ke babak 16 besar FIDE Women's World Cup. 

Di babak keempat FIDE Women's World Cup, pada Rabu (9/8) mendatang, Medina akan menghadapi Nurgyul Salimova, pecatur asal Bulgaria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sandy Baskoro

Terbaru