Chrome OS: Sistem operasi (OS) bawaan laptop Chromebook, apa keunggulannya?

Jumat, 06 Agustus 2021 | 09:38 WIB   Penulis: Arif Budianto
Chrome OS: Sistem operasi (OS) bawaan laptop Chromebook, apa keunggulannya?


TEKNOLOGI - Chrome OS merupakan sistem operasi atau istilahnya OS bawaan pada laptop Chromebook. Apa keunggulan Chrome OS? Yuk mari kita mengenal Chrome OS dan keunggulannya.

Sebelum berangkat lebih jauh, tahukah Anda apa itu sistem operasi?

Sistem operasi, atau yang istilah populernya OS merupakan sebuah perangkat lunak sistem yang menjadi jembatan antara software dan hardware. Sederhananya, apabila laptop, komputer atau bahkan smartphone tidak memiliki sebuah OS, perangkat tersebut tidak bisa digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi.

Umumnya, orang-orang mungkin hanya mengenal sistem operasi Windows. Iya, Windows menjadi salah satu sistem operasi yang populer karena mungkin orang lebih familiar dengan itu dan penggunaannya yang mudah.

Padahal, masih ada beberapa OS lainnya, seperti macOS untuk perangkat Mac, Linux sebagai alternatif open-source serta Android dan iOS yang digunakan untuk smartphone. Masih belum cukup sampai disitu, Google membuat sebuah OS khusus untuk laptop Chromebook.

Chrome OS

Baca Juga: Fitur foto dan video sekali lihat (view once) meluncur di WhatsApp, ini cara kerjanya

Apa itu Chromebook?

Mengutip dari laman support.google, Chromebook merupakan jenis komputer baru yang dirancang untuk membantu penggunanya menyelesaikan berbagai hal dengan cepat dan mudah. Berbeda dengan laptop pada umumnya, Chromebook menjalankan Chrome OS, sistem operasi dengan penyimpanan cloud, memiliki fitur terbaik dari Google di dalamnya, serta keamanan berlapis.

Lalu apa keunggulan Chrome OS sebagai OS bawaan laptop Chromebook?

Berbicara soal keunggulan, Chrome OS memiliki beberapa fitur menarik yang mungkin tidak Anda temui di OS lainnya. Google sendiri melabeli Chrome OS sebagai sistem operasi yang cepat, simpel dan aman. Tak perlu berlama-lama lagi, berikut keunggulan Chrome OS:

1. Tampilan yang sederhana dan mudah digunakan

Chrome OS menghadirkan user interface (UI) yang mudah dipahami oleh penggunanya. Dengan tampilan UI yang sederhana ini, pengguna dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang dibutuhkan lewat menu yang tersedia.

Sekilas, tampilannya mirip Android bukan?

2. Baterai yang tahan lebih lama

Bagi Anda yang ingin memiliki laptop dengan daya tahan baterai lama, mungkin menggunakan Chrome OS menjadi salah satu alternatif. Chrome OS lewat Chromebook menghadirkan pengalaman menggunakan laptop hingga 12 jam dalam sekali charge.

Perlu diketahui, daya tahan baterai akan menurun seiring dengan umur laptop dan kondisi saat ini.

3. Bisa diakses secara offline

Siapa bilang Chrome OS hanya bisa dijalankan secara online? Nggak ada Wi-Fi, nggak masalah. 

Anda masih bisa menggunakan Chrome OS yang terpasang di laptop Chromebook untuk mengakses berbagai dokumen atau menyelesaikan pekerjaan tertentu. Bahkan, membuka email juga bisa diakses secara offline.

Supaya bisa diakses secara offlineuser atau pengguna harus mengaktifkan pre-download content dan pastikan offline access juga telah diaktifkan. Dengan demikian user bisa membuka dokumen dan email secara offline di waktu tertentu.

4. Bisa membuka dokumen Microsoft Office

Chrome OS juga bisa digunakan untuk mengakses dokumen Microsoft Office, loh! Anda bisa pasang aplikasi, seperti Microsoft Word, Excel dan Powerpoint lewat google Play Store.

Chrome OS juga bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas bukan?

Editor: Arif Budianto

Terbaru