HOME

Chromebook vs laptop, mana yang harus dipilih?

Sabtu, 08 Agustus 2020 | 11:00 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Chromebook vs laptop, mana yang harus dipilih?

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Chromebook vs laptop memiliki kelebihannya masing-masing. Chromebook adalah laptop yang menggunakan sistem operasi Chrome.

Jadi, apapun yang Anda lakukan dengan Chrome, bisa Anda lakukan dengan Chromebook. Chromebook sangat mudah Anda gunakan karena tidak memerlukan update software apapun sehingga bisa langsung memakainya.

Sebenarnya, Chromebook vs laptop bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penggunaan. Meski begitu, masih banyak orang yang ragu dalam menentukan pilihan.

Agar tak lagi bingung, Tech Radar memberikan beberapa pertimbangan dalam memilih Chromebook vs laptop. Berikut pertimbangannya:

Ketahui perbedaannya

Pertimbangan pertama dalam memilih Chromebook vs laptop adalah dengan mengetahui perbedaannya. Chromebook vs laptop memiliki tampilan fisik yang sama. Tech Radar menyebutkan, perbedaan keduanya terletak dalam prosesornya.

Baca Juga: Cara menggunakan Google Meet ternyata gampang banget, lo

Laptop memiliki beragam microprocessor, dari Intel hingga AMD. Sedangkan Chromebook dilengkapi dengan prosesor dengan kecakapan yang lebih rendah sesuai kebutuhan sistem operasi Chrome.

Selain prosesor, Chromebook vs laptop juga memiliki perbedaan dalam ruang penyimpanan. Laptop biasa memiliki ruang penyimpanan yang beragam, misalnya, sebesar 128 GB.

Namun, Chromebook hanya memiliki ruang penyimpanan sebesar 16 GB karena Chrome dan aplikasi lain tidak membutuhkan terlalu banyak ruang. Anda bisa menyimpan berkas dalam Chromebook secara online seperti menggunakan Google Drive.

Tentukan tujuan

Chromebook vs laptop bisa Anda pilih berdasar tujuan penggunaan. Contoh, Anda ingin memilih Chromebook vs laptop untuk anak Anda yang masih sekolah.

Chromebook adalah pilihan yang tepat karena bisa digunakan untuk mencari materi di browser, menulis tugas, mendengar musik, atau menonton video. Hal tersebut tidak membutuhkan banyak ruang penyimpanan, kan?

Baca Juga: 4 situs freelancer yang bisa jadi sumber penghasilan

Menurut Tech Radar, Chromebook memiliki game dan aplikasi lain yang lebih sedikit sehingga anak tidak mudah terdistraksi.

Hanya, Chromebook memiliki kekurangan, seperti tidak bisa tersambung dengan printer dan memberikan pengalaman menggunakan laptop yang lebih sedikit.

Tech Radar merekomendasikan agar Anda mencoba hanya menggunakan Chrome terlebih dahulu selama beberapa hari. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam menentukan pilihan Chromebook vs laptop.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru