HOME

Ciri kucing keracunan, ini yang harus dilakukan

Minggu, 02 Agustus 2020 | 08:00 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Ciri kucing keracunan, ini yang harus dilakukan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak hal yang bisa menyebabkan kucing keracunan. Ciri kucing keracunan hampir sama dengan hewan peliharaan lain, tapi kucing adalah jenis hewan peliharaan yang sulit sembuh dari keracunan jika dibandingkan dengan hewan peliharaan lain seperti anjing.

Ada banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi.

Mengutip dari Cats Protection (cats.org.uk), ukuran tubuh kucing yang kecil menjadi penyebab keracunan, meski dalam porsi yang sedikit, akan menimbulkan dampak yang fatal. Mekanisme biologis tubuh kucing juga cukup berbeda sehingga bahan beracun yang masuk ke tubuhnya sulit dikeluarkan.

Baca Juga: Cara memilih makanan kucing terbaik

Ada beberapa ciri kucing keracunan yang biasanya muncul. Mulai dari muntah, diare, tubuh menggelepar, kucing menjadi sulit bernapas, inflamasi atau pembengkakan pada kulit kucing, depresi atau koma, perubahan nafsu makan serta urin, dan lain sebagainya.

Ciri kucing keracunan akan muncul saat kucing terkontaminasi dengan barang-barang berbahaya di sekitarnya. Ada banyak perlengkapan rumah tangga yang mengakibatkan ciri kucing keracunan timbul, apalagi barang-barang yang ada di gudang atau kebun Anda.

Hindari menggunakan produk dengan bahan berbahaya, seperti racun hama, di sekitar area yang sering didatangi kucing. Tutup rapat setiap produk dan letakkan di tempat yang sulit dijangkau oleh kucing agar tidak membahayakan.

Ciri Kucing Keracunan Bisa Disebabkan oleh Makanan

Meski aman dikonsumsi manusia, ada beberapa jenis makanan yang justru menstimulasi ciri kucing keracunan. Cats Protection menyebutkan ada beberapa jenis makanan yang umum menjadi pemicu ciri kucing keracunan.

Makanan pertama yang membahayakan kucing adalah cokelat. Dalam cokelat, terkandung theobromine yang dapat meracuni dan membuat kucing sakit. Ciri kucing keracunan karena cokelat adalah diare, muntah, dan meminum banyak air lebih dari biasanya.

Baca Juga: 7 akun Instagram yang penuh kucing lucu, penggemar wajib follow!

Anggur adalah jenis makanan lain yang dapat menyakiti ginjal kucing. Kucing yang sudah memiliki penyakit ginjal tentu saja akan memiliki kondisi yang lebih parah. Kontaminasi anggur pada tubuh kucing akan menyebabkan sakit perut, muntah, hingga diare.

Ciri kucing keracunan berupa muntah, perut terasa tidak nyaman, dan munculnya rasa lesu bisa terjadi jika kucing mengonsumsi bawang merah dan bawang putih. Hindari memberikan bawang merah dan bawang putih pada kucing agar kesehatannya tetap terjaga.

Cats Protection menyebutkan bahwa ciri kucing keracunan bisa muncul secara tiba-tiba. Karena hal itu, penting bagi pemilik kucing untuk selalu waspada.

Meski belum ada ciri kucing keracunan yang muncul dan Anda hanya mencurigai bahwa kucing Anda baru saja terkontaminasi dengan bahan berbahaya, segera bawa kucing ke dokter hewan. Jangan memaksakan kucing untuk memuntahkan isi perutnya dan jangan pula bertindak sendiri untuk mengatasi kucing yang keracunan.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru