Gadget

Computex Expo 2020 resmi batal digelar

Jumat, 12 Juni 2020 | 23:09 WIB Sumber: Kompas.com
Computex Expo 2020 resmi batal digelar

ILUSTRASI. FILE PHOTO: Visitors look at motherboards being displayed at the AMD booth during the 2012 Computex exhibition at the TWTC Nangang exhibition hall in Taipei June 6, 2012. REUTERS/Yi-ting Chung/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wabah virus Covid-19 yang belum surut hingga paruh pertama tahun 2020, membuat penyelenggara pameran teknologi Computex membatalkan agenda acara untuk tahun ini.

Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) selaku penyelenggara Computex Expo 2020 mengumumkan secara resmi pembatalan acara tersebut.

Dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (12/6/2020), TAITRA memutuskan untuk menggelar ajang Computex selanjutnya pada tanggal 1-5 Juni 2021 mendatang.

Baca Juga: Intel luncurkan rangkaian prosesor pertama dari seri Intel Core Generasi ke-10

Semula, pameran Computex 2020 dijadwalkan akan digelar pada 2-6 Juni 2020 di Taipei, Taiwan. Namun, efek pandemi Covid-19 yang semakin meluas, membuat pihak penyelenggara menggeser rencana awal di bulan Juni menjadi September 2020.

Namun karena imbas dari wabah Covid-19 yang belum juga mereda, membuat TAITRA membatalkan agenda acara yang sebelumnya rutin digelar tiap tahun itu.

"Pada 11 Juni, ada lebih dari 7.350.000 jiwa di 187 negara di dunia yang terpapar virus, hal ini berimbas pada perekonomian, perdagangan, transportasi, dan sektor pariwisata," tulis TAITRA.

Di Taiwan, TAITRA menyebut bahwa saat ini negaranya hanya memiliki 443 kasus positif corona yang telah terkonfirmasi. Computex sendiri merupakan ajang bagi perusahaan teknologi untuk memamerkan produk-produk dan solusi hardware atau software terbaru, yang tahun ini termasuk teknologi jaringan 5G, perangkat Internet-of-Things (IoT), gaming, hingga perkembangan startup.

Baca Juga: Perkuat brand di industri gaming, MSI rilis enam produk baru sekaligus

Pembatalan ajang Computex ini pun bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya pada 2003 lalu, TAITRA juga mengambil keputusan serupa saat merebaknya virus SARS yang berdampak serius di Taiwan.

Untuk tetap terhubung dengan Computex di tengah pandemi, TAITRA turut menghadirkan serangkaian layanan online seperti Computex Online Talks, Inno VEX Online Demo, dan Computex Online 2D Exhibition. ( Conney Stephanie)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pameran Teknologi Computex Tahun Ini Resmi Dibatalkan",

 

Editor: Yudho Winarto


Terbaru