Cui Mie Gloria: Nikmati mienya, kunyah mangkuknya

Kamis, 07 Februari 2013 | 08:49 WIB Sumber: Mingguan KONTAN, Edisi 4 - 10 Februari 2013
Cui Mie Gloria: Nikmati mienya, kunyah mangkuknya

ILUSTRASI. vaksin dosis ketiga (booster). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/wsj.


Jalan-jalan ke Malang, enggak lengkap rasanya jika belum berwisata kuliner di kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini. Jangan salah, bukan cuma bakso malang, lo, makanan khas Kota Apel ini. Banyak yang lainnya. Di antaranya adalah cui mi.

Nah, salah satu kedai cui mi yang terkenal di Malang adalah Hot Cui Mie by Gloria. Kedai ini bercokol di empat tempat: Jalan S. Parman, Jalan Kawi Atas, Mall Olympic Garden, dan Malang Town Square.

Tapi, kalau Anda mencari kedai yang pertama berdiri, arahkan kendaran Anda ke Jalan Kawi Atas, tepatnya di Ruko Kawi Atas 43B. Kedai dua lantai ini bisa menampung sekitar 32 pengunjung sekaligus.

Sesuai namanya, masakan andalan kedai ini adalah cui mi dengan aneka taburan, seperti ayam, kekian udang, jamur, udang, dan ikan kakap. Anda bisa memilih sesuai selera.

Hanya, Anda perlu sedikit menunggu lantaran cui mi memerlukan proses memasak yang tak instan. Sambil menunggu, Anda bisa memesan kulit ayam goreng crispy atau lumpia udang. Penyajian makanan ini lebih cepat sehingga cocok jadi teman menghabiskan waktu.

Isi lumpia di kedai ini berbeda dengan isi lumpia kebanyakan, yakni udang dan daging ayam yang sudah dicincang halus. Rasanya lezat mirip dimsum. Adapun kulit ayam goreng crispy memiliki kerenyahan dan rasa gurih yang bikin ketagihan. “Adonan tepungnya berbeda dengan yang biasa, tapi resepnya rahasia,” ujar Siany Dewi, pemilik kedai yang berdiri 2008 ini.

Kulit ayam goreng disajikan dengan sambal asam manis pedas. Sementara lumpia udang hadir ditemani sambal swekiau yang encer, namun pedasnya nendang.

Makan "mangkuk" mi

Setelah puas menyantap kudapan pembuka, cui mi pun akhirnya datang. Cara penyajian di kedai ini unik. Di dalam mangkuk keramik, ada lagi mangkuk yang bisa Anda makan. Kok? Tenang, maksudnya adalah pangsit goreng berukuran gede yang dibentuk cekung layaknya mangkuk.

Siany bilang, ide memakai mangkuk pangsit goreng tercetus lantaran ia dan suaminya menyukai sesuatu yang renyah sebagai teman makan.

Di atas mangkuk pangsit goreng, ada mi, sawi, topping (taburan), dan saus kemerahan, dengan irisan bawang bombai yang mengundang selera. Rupanya, saus kemerahan itulah yang memunculkan kata hot di depan cui mi. “Artinya, bukan panas, tapi pedas,” jelas Agus Ariyanto, su­per­visor kedai ini.

Bersama cui mi, tersaji semangkuk kecil kuah bening dengan taburan bawang putih cincang, daun bawang, dan bubuk lada. Cuma, sebaiknya kuah ini tidak Anda siramkan ke mi. Sayang, kan, jika rasa mi yang khas nanti jadi buyar?

Meski lapar, coba cicipi dulu saus kemerahan, deh. Wuih, puedes banget. Selain bawang bombai, ternyata juga ada potongan cabai hijau berukuran besar-besar menyelip di balik saus kemerahan itu.

Cara menyantap cui mi suka-suka Anda saja. Tapi, jajal campur semuanya sekaligus dengan sumpit. Rasa saus yang tadinya pedas menyengat, entah kenapa, terasa lebih “jinak” saat bercampur dengan mi.

Minya berukuran kecil dan berwarna bersih. Teksturnya betul-betul pulen, lembut, dan kenyal. Aroma minyak bawang yang dipakai untuk membaluri tubuh mi usai direbus samar-samar tercium sedap.

Untuk membuat topping ayam, kedai ini menggoreng irisan tipis daging ayam bersama tepung. Dus, bukan taburan daging ayam bumbu biasa yang Anda dapat, melainkan ayam goreng tepung yang renyah.

Sembari menyantap mi, sesekali seruput kuah kaldunya. Rasanya gurih dan sedikit pedas dari lada. “Kami memakai tulang ayam untuk membuat kaldunya,” ungkap Agus.

Oh, iya, kedai ini juga menyediakan super duper yamie bagi Anda pencinta mi porsi besar. Minya bertaburan ayam cincang halus nan kering yang siap memanjakan lidah dan perut Anda. Istimewanya, taburannya lengkap, mulai dari bakso goreng, siomay besar goreng, ayam jamur, hingga sayuran.

Untuk menebus seporsi hot cui mi, Anda cukup merogoh kocek Rp 15.500 sampai Rp 16.500; tergantung dari topping yang dipilih. Adapun harga super duper yamie Rp 23.500.

 

Hot Cui Mie by Gloria
Ruko Kawi Atas 43B
Jl. Kawi Atas, Malang
Telp: 0341-552420
Koordinat GPS:
S7097.471’ - E112061.759’

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari

Terbaru