OTOMOTIF - JAKARTA. Setelah menutup tahun 2022 dengan raihan peringkat dua selama 14 tahun berturut-turut pada penjualan ritel otomotif nasional, Daihatsu membuka awal tahun 2023 dengan raihan penjualan positif yang sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional.
Secara nasional, penjualan ritel otomotif di Indonesia pada Januari 2023 mencapai sekitar 90.000 unit atau naik 16% dibandingkan periode yang sama tahun 2022 lalu sebanyak 78.000 unit.
Pada periode yang sama, penjualan Daihatsu mencapai lebih dari 22.000 unit atau naik sekitar 26% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sekitar 17.000 unit. Dari capaian tersebut, Daihatsu berkontribusi terhadap pangsa pasar otomotif nasional sebesar 24,3%.
Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu pada Januari 2023 didominasi oleh tiga besar model, seperti Sigra sebanyak 6.006 unit atau berkontribusi sekitar 27,2%.
Baca Juga: Baru Diperkenalkan, Ini Bocoran Harga Generasi Baru Daihatsu Ayla
Disusul dengan model Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 5.447 unit (24,7%) dan Terios dengan raihan 2.958 unit (13,4%).
“Kami bersyukur Daihatsu dapat membuka awal tahun 2023 dengan raihan penjualan positif, ditambah capaian market share sebesar 24,3% pada Januari ini menjadi salah satu yang terbesar bagi Daihatsu," ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Selasa (21/2).
Lantas, Daihatsu berharap pasar otomotif tahun ini dapat terus meningkat. Daihatsu juga berharap kehadirannya di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 juga dapat berkontribusi positif bagi pasar otomotif di Indonesia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News