HOME

Danau Toba bukan cuma Pulau Samosir

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 07:00 WIB   Reporter: Agustinus Respati, Ratih Waseso, SS. Kurniawan
Danau Toba bukan cuma Pulau Samosir

KONTAN.CO.ID - Keelokan Danau Toba sudah lama menggema ke seantero dunia. Bekas kaldera super vulkan ini juga unik lantaran memiliki beberapa pulau. Yang paling besar, tentu saja, Samosir.

Pulau seluas 630 kilometer persegi (km²) ini pun jadi tujuan utama wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang ingin mencumbu keindahan Danau Toba. Apalagi, Samosir juga punya atraksi budaya, adat istiadat, dan sejarah.

Tapi, Danau Toba bukan cuma Samosir. Ada enam kabupaten lain di seputaran Kawasan Destinasi Wisata Super Prioritas Pemerintahan Joko Widodo atawa beken dengan sebutan Bali Baru tersebut.

Seiring Program Percepatan Pembangunan Destinasi Wisata Super Prioritas, selain Samosir, Kementerian Pariwisata gencar mempromosikan tiga kabupaten lainnya di seputaran Danau Toba. Itu sebabnya, mereka merilis Wonderful Huta Toba, singkatan dari Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli  Utara, Toba Samosir.

Gerbang baru

Setelah beroperasinya Bandara Internasional Silangit, ketiga kabupaten itu menjadi gerbang baru menuju Danau Toba. Bandar udara yang baru Februari 2019 lalu melayani penerbangan pesawat berbadan lebar itu terletak di Kecamatan Siborongborong, Tapanuli Utara.

Cuma, kebanyakan turis asing dan lokal yang pelesiran ke Danau Toba, begitu mendarat di Bandara Silangit langsung ke Samosir. Padahal, tiga kabupaten tersebut juga memiliki objek wisata yang tidak kalah menawan, bahkan unik.

Sebut saja, wisata permandian Air Soda Parbubu di daerah Tapanuli Utara, yang rasa airnya seperti soda. “Cuma ada dua di dunia, satu lagi di Venezuela,” kata Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan.

Sementara Humbang Hasundutan memiliki Lembah Bakkara yang pemandangannyasangat cantik. “Dinasti Sisingamangaraja juga ada di Bakkara,” ujar Hotman Hutasoit, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Humbang Hasundutan.

Nah, awal Agustus lalu, Tim KONTAN Jelajah Ekonomi Pariwisata 2019 menyambangi tempat-tempat wisata yang ada di Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, juga Samsosir. Berikut beberapa spot menarik yang bisa menjadi bahan referensi Anda saat berlibur ke kawasan Danau Toba:

Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru