Gadget

Dark mode WhatsApp tersedia di Indonesia, begini cara pakainya

Kamis, 05 Maret 2020 | 13:53 WIB Sumber: Kompas.com
Dark mode WhatsApp tersedia di Indonesia, begini cara pakainya

ILUSTRASI. WhatsApp menyebutkan penyebaran fitur akan dilakukan bertahap.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kemarin, WhatsApp telah mengumumkan ketersediaan fitur mode gelap atau dark mode pada aplikasinya. Namun, sejumlah pengguna WhatsApp di Indonesia melaporkan belum mendapat update atau fitur dark mode tersebut.

Dalam keterangannya, WhatsApp memang menyebutkan penyebaran fitur akan dilakukan bertahap. Hari ini, Kamis (5/3), fitur dark mode WhatsApp akhirnya menyambangi Indonesia. Pantauan KompasTekno di laman Google Play Store dan Apple App Store, Kamis (5/3) pagi, WhatsApp sudah mendapat pembaruan.

Dalam keterangan aplikasi disebutkan bahwa salah satu fitur teranyar dalam pembaruan tersebut adalah dark mode. Untuk versi Android, WhatsApp yang sudah punya pilihan tema antarmuka serba gelap ini adalah versi 2.20.64, sementara untuk iOS versi 2.20.30.

Baca Juga: Sebanyak 145 orang dalam pemantauan terkait virus corona di Jakarta Sebanyak 145 orang dalam pemantauan terkait virus corona di Jakarta

Dark mode merupakan fitur yang ditunggu-tunggu oleh pengguna WhatsApp sejak lama. Karena, selain tampilan gelap diklaim bikin layar ponsel tak memakan daya berlebih. Selain itu, tampilan antarmuka hitam juga bisa mengurangi ketegangan mata di lingkungan yang rendah cahaya.

Cara mengaktifkan dark mode WhatsApp

Setelah memasang pembaruan, Anda bisa langsung mengaktifkan fitur ini melalui menu pengaturan, tepatnya di menu "Settings" > "Chats" > dan "Theme".

Pada menu "Theme" tadi, klik pilihan " Dark" dan klik tombol "OK" untuk mengaktifkan. Beberapa detik kemudian, WhatsApp Anda akan berubah tampilan dengan warna serba hitam.

Baca Juga: Ribuan link grup WhatsApp pribadi tersebar di Google Ribuan link grup WhatsApp pribadi tersebar di Google

Selain diaktifkan lewat aplikasi, pengguna yang sistem operasi perangkatnya sudah Android 10 atau iOS 13 juga bisa mengaktifkan mode gelap lewat menu pengaturan ponsel. Tampilan mode gelap di WhatsApp pun serupa dengan tema gelap di Instagram.

Mode ini membuat tampilan WhatsApp didominasi warna hitam. Hanya saja, padu padannya disesuaikan dengan ciri khas WhatsApp. Saat mode gelap aktif, warna gelap akan mendominasi seluruh tampilan WhatsApp, mulai dari beranda hingga ruang obrolan.

Warna gelap tersebut dipadu dengan warna hijau yang jadi ciri khas WhatsApp di beberapa bagian seperti ikon "chat" yang ada di bagian bawah, bubble atau balon notifikasi, serta status saat mengetik. Di dalam ruang obrolan, kolom teks pesan yang dikirim akan berwarna hijau, sementara kolom teks pesan diterima akan berwarna gelap. Untuk pesan teks dan nama kontak yang tertera di beranda, akan berwarna putih. (Bill Clinten)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Dark Mode WhatsApp Akhirnya Tersedia di Indonesia, Begini Cara Pakainya.


Editor: Wahyu T.Rahmawati
Tag


Terbaru