Data terbaru, daftar daerah yang aman dari corona untuk berwisata saat libur panjang

Rabu, 28 Oktober 2020 | 09:25 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Data terbaru, daftar daerah yang aman dari corona untuk berwisata saat libur panjang

ILUSTRASI. Data terbaru, daftar daerah yang aman dari corona untuk berwisata saat libur panjang. Dok:?Pantai Klayar Official Instagram.


CORONA DI INDONESIA - Jakarta. Mulai Rabu 28 Oktober 2020 instansi pemerintahan berlaku libur panjang. Di tengah pandemi corona, pemerintah dan Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 menghimbau masyarakat tidak pergi liburan ke luar kota. Namun jika tetap ingin berwisata, masyarakat disarankan berwisata ke daerah zona hijau yang aman dari penyebaran virus corona.

Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyebutkan, update hingga Selasa (27/10/2020) ada tambahan 3.520 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia, sehingga total menjadi 396.454 kasus positif corona.

Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus corona bertambah 4.576 orang sehingga menjadi sebanyak 322.248 orang. Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat virus corona di Indonesia bertambah 101 orang menjadi sebanyak 13.512 orang.

Meski jumlah kasus positif corona terus meningkat, ada sejumlah daerah yang termasu zona hijau dalam penyebaran virus corona. Nah, Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 merekomendasikan masyarakat hanya berlibur ke wilayah zona hijau untuk mencegah penularan virus corona.

Baca juga: Harga hanya Rp 120 juta, lelang rumah sitaan Bank ini berlokasi di Kota Bekasi

Ketua Departemen Epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Tri Yunis Miko Wahyono dalam talkshow "Imun Kuat Libur Panjang Aman" di Media Center Satgas Penanganan Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Rabu (21/10) menegaskan agar masyarakat memiliki tempat wisata di zona aman, yakni zona hijau dan tetap menerapkan protokol kesehatan. "Tentukan tempat mana yang akan dituju dan pastikan lokasi wisata itu berada di zona hijau sehingga tidak terpapar Covid-19," jelas Tri Yunis Miko Wahyono.

Berikut daftar lengkap zona hijau berdasarkan data covid19.go.id yang diperbarui 25 Oktober 2020:

Zona Hijau Tak ada kasus Corona

1. Zona hijau corona di Kepulauan Riau

  • Kepulauan Anambas

Editor: Adi Wikanto

Terbaru