Edukasi

Dekan Fakultas Kedokteran Ari Fahrial Syam Masuk Bursa Calon Rektor UI

Sabtu, 14 September 2024 | 20:38 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Dekan Fakultas Kedokteran Ari Fahrial Syam Masuk Bursa Calon Rektor UI

Dekan Fakultas Kedokteran UI, Prof. H. Ari Fahrial Syam.


PENDIDIKAN -  JAKARTA. Universitas Indonesia (UI) saat ini sedang melakukan seleksi calon Rektor untuk periode 2024-2029. Salah satu kandidat yang mencuat adalah Dekan Fakultas Kedokteran UI, Prof. H. Ari Fahrial Syam. 

Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) telah menetapkan tujuh kandidat dari berbagai fakultas. Ari Fahrial Syam, seorang guru besar kedokteran, menawarkan perpaduan pengalaman lapangan, keahlian medis, kepemimpinan akademis, serta visi global. 

Pengalamannya mencakup berbagai peran, dari dokter di daerah terpencil hingga Ketua Dekan-Dekan Fakultas Kedokteran PTN se-Indonesia dan ASEAN. 

Baca Juga: 13 Nama Bakal Calon Rektor UI Lolos Tahap Seleksi Berikutnya

Ari memiliki pemahaman mendalam mengenai tantangan dan potensi sistem pendidikan tinggi Indonesia. Ia juga menerima penghargaan dari UI dan BNPB atas kontribusinya dalam edukasi serta penanganan COVID-19. 

"Seorang dokter itu profesi pengabdian, harus ditanamkan sejak belajar," ujar Ari dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (14/9).

Jika terpilih menjadi Rektor UI, Ari telah menyiapkan program 100 hari pertama. Program ini meliputi peluncuran riset multidisiplin melalui pembentukan klaster penelitian antar fakultas, serta pengembangan blueprint untuk program pengabdian masyarakat. 

Baca Juga: UI Belum Terkalahkan, Catat 20 Universitas Terbaik Indonesia 2024, Kampus Swasta Ada

Ia juga berencana menerapkan sistem manajemen dokumen dan arsip elektronik guna meningkatkan efisiensi administrasi, serta menyerap aspirasi seluruh pemangku kepentingan UI sebagai bentuk komitmen terhadap inklusivitas dalam pengambilan keputusan.

Dalam bidang pengembangan sumber daya manusia, Ari berencana merancang jenjang karir khusus untuk dosen dan karyawan. 

Selain itu, ia juga akan menyusun strategi komunikasi dan branding internasional untuk meningkatkan visibilitas global UI. 

Baca Juga: UI Di Atas, Binus & UNY Masuk, Ini 20 Universitas Terbaik Indonesia 2024

Pengelolaan keuangan yang transparan dan efisien serta upaya memaksimalkan pendapatan melalui kerjasama dengan sektor swasta juga menjadi bagian dari program unggulannya.

Visi transformasi Ari bertujuan menjadikan UI sebagai institusi pendidikan tinggi yang unggul di kancah global. 

Dukungan kepada Ari datang dari Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran UI (ILUNI FKUI) yang mendeklarasikan dukungannya dalam musyawarah nasional pada 28 Agustus 2024, dengan dukungan tokoh mahasiswa Hariman Siregar.

Selanjutnya: Sebagian Orang Tidak Pernah Jadi Kaya Meski Sudah Bekerja Keras, Ini Sebabnya

Menarik Dibaca: Daftar Tempat Wisata Viral yang Mesti Dikunjungi Saat ke Jepang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru