Style

Delapan manfaat bangun pagi bagi kesehatan

Sabtu, 07 Desember 2019 | 17:02 WIB Sumber: Kompas.com
Delapan manfaat bangun pagi bagi kesehatan

ILUSTRASI. Olahraga di pagi hari menyehatkan

KONTAN.CO.ID - Ungkapan “jangan bangun kesiangan jika tidak ingin rezekinya dipatok ayam” sepertinya tidak ada ruginya untuk diikuti. Selain soal rezeki, bangun lebih pagi ternyata bermanfaat untuk kesehatan. Tidak hanya kesehatan fisik, manfaat bangun pagi juga berlaku untuk kesehatan mental.

Memang tidak semua orang bisa dengan mudah bangun pagi. Namun, setelah melihat manfaat bangun pagi di bawah ini, kamu pasti tidak ingin melewatkannya.

1. Membantu menjalani pola makan lebih sehat

Orang yang bangun lebih pagi, memiliki waktu untuk sarapan dan memilih makanan yang lebih sehat. Sedangkan orang yang bangun siang, umumnya terburu-buru dan tidak memiliki waktu untuk sarapan asupan yang sehat.

Tidak sarapan bisa membuat kita lebih tergoda mengonsumsi makanan yang lebih banyak dan tidak sehat, di siang hari.

Baca Juga: Ini delapan tanda awal serangan jantung yang penting diketahui

2. Baik untuk kesehatan kulit

Tidur yang cukup, sangat penting jika ingin memiliki kulit yang sehat. Selain itu, bangun lebih pagi juga akan memberikan waktu lebih untuk melakukan langkah-langkah perawatan yang baik untuk kulit.

3. Menjadi lebih aktif

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 204 anak berusia 12-40 bulan membuktikan, anak yang bangun lebih pagi, lebih aktif secara fisik dibandingkan dengan anak yang bangun lebih siang.

Kurangnya melakukan aktivitas fisik, bisa berpengaruh buruk pada kesehatan mental maupun fisik anak.

4. Lebih mudah berkonsentrasi

Memulai hari lebih pagi, bisa meningkatkan konsentrasi. Sebab, kita jadi memiliki waktu lebih banyak untuk fokus pada tujuan dan daftar pekerjaan hari itu, tanpa terganggu oleh teman kerja yang lain atau orang di rumah.

Kita juga jadi punya lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri sebelum memulai pekerjaan. Hal ini akan membuat lebih peka terhadap situasi, terutama di jam-jam sibuk.

Baca Juga: Hati-hati, tidur dengan kipas angin menyala bisa berbahaya bagi kesehatan

5. Punya lebih banyak waktu untuk olahraga

Bangun lebih awal membuat kita memiliki lebih banyak waktu untuk berolahraga di pagi hari. Olahraga di pagi hari, akan membuat lebih segar dan berenergi sepanjang hari.

Editor: Noverius Laoli


Terbaru