Otomotif

Dibalik kesuksesan, ternyata ada polemik penamaan mobil Avanza

Selasa, 16 Juni 2020 | 06:34 WIB Sumber: GridOto.com
Dibalik kesuksesan, ternyata ada polemik penamaan mobil Avanza

ILUSTRASI. Mobil toyota avanza di ajang Pameran mobil Indonesia International Motor Show ( IIMS) di Kemayoran Jakarta Pusat (19/8) Pameran ini akan berlangsung dari tanggal 20 -29 Agustus 2015. Pho KONTAN/Achmad Fauzie


KONTAN.CO.ID -

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Nama mobil Avanza tentu sudah tak asing di masyarakat umum. Kesuksesan mobil Avanza di pasar domestik menjadikan mobil MPV bikinan Toyota ini paling banyak lalu lalang di jalanan. Mobil Avanza pun mendapat predikat mobil sejuta umat karena paling laris.

Namun dibalik kesuksesan mobil Avanza, ternyata pernah ada polemik di internal Toyota Indonesia. Polemik tersebut terkait penamaan Avanza.

Toyota pertama kali meluncurkan mobil Avanza di Tanah Air pada tahun 2004 dan terus diproduksi hingga saat ini. Berbagai generasi mobil Avanza pun sudah diproduksi dan hasilnya selalu sukses.

Kesuksesan mobil Avanza mengingatkan pada pendahulunya, yakni Toyota Kijang. Namun, berbeda dengan Toyota Kijang yang menggunakan bahasa Indonesia, nama mobil Avanza menggunakan bahasa asing. Ini yang menjadi polemik.

Baca juga: Bea Cukai lelang mobil Ferrari, berapa harganya?

Ternyata, nama Avanza ini diambil dari bahasa Italia dan sempat menjadi perdebatan internal perusahaan. Dikutip dari Otomotifnet.com, persoalan nama MPV ini dulu sempat ditanyakan oleh Ketua Umum Museum Rekor Indonesia (MURI), Jaya Suprana di tahun 2013.

"Kenapa tidak memakai nama lokal? Padahal mobil 'sejuta umat' sejuta umat sebelumnya, yakni Toyota Kijang identik dengan nama Indonesia," tanya Jaya.

Pertanyaan tersebut pun dijawab langsung oleh Presiden Direktur TAM pada saat itu, Johnny Darmawan di sela peluncuran mobil Avanza generasi New Avanza versi Airbag pada 15 Mei 2013.

"Soal penamaan memang sempat menjadi perdebatan di kalangan internal. Karena tujuan awal peluncuran mobil Avanza di tahun 2004 tak hanya untuk pasar domestik, melainkan juga disiapkan untuk pasar ekspor," ungkap Johnny.

Baca juga: Rapid test bukan untuk deteksi positif atau negatif COVID-19, ini alasannya

Sebelumnya pihak Toyota sempat berpikir untuk menggunakan nama hewan asli Indonesia, namun nantinya justru dirasa aneh. Nah, untuk nama mobil Avanza ternyata diambil dari bahasa Italia, yaitu Avanzato yang berarti 'maju'.

Johnny menuturkan, kelahiran mobil Avanza didasari akan kebutuhan konsumen Indonesia pada kendaraan keluarga yang konsepnya seperti Kijang, yakni lega, tangguh dan cocok di jalanan Tanah Air.

Baca Juga: Harga mobil bekas Nissan X-Trail di Jakarta semakin murah

"Kehadiran mobil Avanza adalah untuk meneruskan kesuskesan keluarga Kijang dengan harga yan lebih rendah. Sebab saat itu, harga Kijang sudah semakin mahal. Apalagi sejak hadirnya Innova setahun kemudian," ucapnya.

Pantas Toyota Avanza terus maju di Indonesia, dari namanya saja sudah menggambarkan hal itu. (Ruditya Yogi Wardana)

Artikel ini tayang di Gridoto.com berjudul "Ada Kisah di Balik Nama Toyota Avanza, Sempat Jadi Perdebatan Internal"

 

 

Editor: Adi Wikanto


Terbaru