Internet

Dompet Dhuafa launching aplikasi Barzah pertama di Indonesia

Jumat, 24 Januari 2020 | 15:27 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Dompet Dhuafa launching aplikasi Barzah pertama di Indonesia

ILUSTRASI. Dompet Dhuafa launching aplikasi Barzah pertama di Indonesia.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Barzah (Badan Pemulasaran Jenazah) Dompet Dhuafa terus berikan kemudahan bagi masyarakat. Khususnya mereka yang tengah tertimpa duka, melalui fasilitas pelayanan dengan empat kewajiban bagi yang hidup kepada yang meninggal, yaitu memandikan, mengkafani, menshalatkan dan menguburkan.

Namun, ada satu problematika lagi, saat mereka yang tengah dirundung duka yakni kebingungan memulangkan jenazah sanak saudaranya lantaran ketiadaan akses mobil jenazah. Fenomena tersebut terjadi ketika masyarakat sulit mengakses mobil jenazah karena berbagai macam persoalan yang ada.  

Baca Juga: Upaya Qasir memenuhi target gaet 1,6 juta mitra UMKM

Baik informasi dan akses yang tidak sampai, biaya yang tidak terjangkau dengan kondisi ekonomi, bahkan keterbatasan mobil jenazah. Sehingga ada beberapa kasus jenazah dibawa sendiri oleh sanak saudaranya dengan kendaraan yang tidak layak untuk membawa jenazah. 

Peristiwa-peristiwa tersebut menginspirasi bagi Dompet Dhuafa sebagai lembaga filantropi islam untuk mengajak siapapun memberikan pelayanan kepada masyarakat pada aspek pemulasaran jenazah. 

Maka pada 2012 Dompet Dhuafa menghadirkan program Barzah. Di 2020 ini,  Dompet Dhuafa meluaskan sebaran manfaatnya dengan menggandeng kemitraan dan menghadirkan aplikasi Barzah di platform ponsel pintar, launching aplikasi berlokasi di Masjid At Tin, Jakarta Timur. Jumat (24/1).

Baca Juga: Digitaraya kini mulai mencari start up yang berorientasi pasar global

“Waktu terus berjalan dari 2012 hingga 2019, ternyata kebutuhan masyarakat akan kendaraan jenazah tinggi sekali. Ditambah keterbatasan armada jenazah yang kami miliki. Sementara di sisi lainnya, masyarakat yang memiliki armada jenazah, kurang memaksimalkan pemanfaatannya. Akhirnya kami berkolaborasi dengan masjid, instansi, mitra-mitra kita,  dan menggandengnya menjadi mitra Barzah," ujar Ahmad Shonhaji, Direktur Budaya, Dakwah dan Layanan Masyarakat Dompet Dhuafa dalam keterangannya, Jumat (24/1).

Editor: Tendi

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay


Terbaru