Download Update HyperOS Belum Tersedia? Inilah Beberapa Hal yang Harus Anda Ketahui

Rabu, 07 Februari 2024 | 14:53 WIB   Penulis: Arif Budianto
Download Update HyperOS Belum Tersedia? Inilah Beberapa Hal yang Harus Anda Ketahui

ILUSTRASI. Download Update HyperOS Belum Tersedia? Inilah Beberapa Hal yang Harus Anda Ketahui


Download Update HyperOS - Download update Xiaomi HyperOS masih belum tersedia? Inilah beberapa hal yang harus Anda ketahui. Update HyperOS belum tersedia di HP Xiaomi, Redmi atau POCO yang Anda gunakan, kemungkinan karena beberapa hal berikut ini.

Pengguna HP Xiaomi, Redmi dan POCO mungkin sedang menantikan kehadiran update HyperOS meluncur di ponsel pintar yang mereka gunakan.

Sayangnya, belum semua pengguna model HP Xiaomi, Redmi atau pun POCO sudah bisa mengunduh atau download HyperOS hingga saat ini.

Sejak peluncuran Xiaomi 14 pada akhir tahun 2023 lalu, HyperOS turut diperkenalkan sebagai OS pengganti MIUI. Tidak terbatas pada model HP kelas atas, Xiaomi HyperOS juga bakal mendukung lebih banyak model yang bakal tersedia secara berkala.

Bicara soal Xiaomi HyperOS, OS penerus MIUI ini menghadirkan tampilan antarmuka yang estetik. Tidak heran, Mi Fans tidak sabar menantikan update HyperOS muncul di ponsel yang mereka gunakan.

Selain tampilan yang menarik, HyperOS juga menghadirkan peningkatan keamanan, performa dan ruang penyimpanan yang lebih lega juga menjadi daya tarik dari OS terbaru ini.

Untuk mencicipi HyperOS, pengguna harus mengunduh atau download update tersebut. Dengan catatan, HP Xiaomi, Redmi atau POCO yang Anda gunakan masuk dalam daftar yang mendapatkan update tersebut.

Salah satu cara download update Xiaomi HyperOS bisa diupdate lewat OTA (over-the-air). Lewat cara ini, Anda bisa mengunduh atau download Xiaomi HyperOS dengan mudah pada menu Pengaturan.

OS terbaru Xiaomi HyperOS yang akan menjadi pengganti MIUI

Namun demikian ada beberapa hal yang menyebabkan download update Xiaomi HyperOS via OTA masih belum muncul atau belum tersedia.

Kok bisa? Melansir situs Miuirom.org, ada beberapa hal yang menyebabkan pengguna HP Xiaomi, Redmi dan POCO masih belum bisa download update HyperOS via OTA.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda ketahui ketika update Xiaomi HyperOS via OTA masih belum muncul di HP Xiaomi, Redmi dan POCO.

Baca Juga: Cara Bergabung Menjadi Beta Tester Xiaomi, Kesempatan Menjajal HyperOS

Beberapa hal penyebab update Xiaomi HyperOS belum muncul via update OTA:

  • HP Xiaomi, Redmi atau POCO masih belum masuk dalam daftar pembaruan, oleh sebab itu update Xiaomi HyperOS via OTA masih belum muncul di pengaturan
  • Bootloader yang terbuka, ini juga menjadi penyebab mengapa update OTA tidak tersedia. Jika Anda ingin mendapatkan update OS terbaru, pastikan bootloader telah terkunci
  • Mengaktifkan superuser atau root. Sama seperti membuka bootloader, jika Anda mengaktifkan root maka update via OTA juga tidak tersedia sampai kembali menonaktifkan root atau melakukan reset pabrik
  • Menggunakan custom firmware, di mana HP telah dioprek dan tidak menggunakan firmware resmi juga tidak akan mendapatkan update. Pastikan gunakan firmware yang resmi, misalnya MIUI atau HyperOS agar mendapatkan update terbaru
  • Firmware yang tidak cocok, Anda mungkin mengunduh firmware yang tidak sesuai dengan region. Agar update OTA muncul, pastikan Anda mengguakan firmware yang sesuai dengan region HP Anda beli, update akan menyesuaikan firmware berdasarkan asal region HP tersebut
  • Sistem yang gagal, salah satu alasan mengapa HP Anda mungkin tidak mendapatkan update adalah sistem yang tidak berjalan semestinya. Coba lakukan factory reset agar ponsel Anda berjalan kembali sesuai dengan setelan pabrik, dengan demikian update via OTA diharapkan dapat muncul kembali
  • Motherboard yang telah diganti juga menjadi penyebab update tidak muncul. Hal itu disebabkan karena serial number pada perangkat keras tidak sesuai dengan versi firmware yang dipasang. Misalnya, motherboard berasal dari region yang berbeda, maka update tidak akan muncul mengingat regionnya berbeda.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda ketahui penyebab HP Xiaomi, Redmi dan POCO belum mendapatkan update HyperOS atau versi terbaru.

Situs Miuirom.org juga menambahkan bahwa salah atu cara agar mendapatkan update OTA dengan cepat adalah mengubah region ke Indonesia.

Menurut situs tersebut, region Indonesia akan mendapatkan update pertama kali setelah region China.

Baca Juga: Kode Redeem Honkai: Star Rail 2.0 Februari 2024, Banyak yang Baru, Banyak Reward!

Berikut ini cara mengubah region ke Indonesia agar mendapatkan update HyperOS lebih cepat:

  • Buka Settings atau Pengaturan
  • Scroll ke bawah sampai menemukan menu Additional Settings
  • Ketuk Region
  • Pilih Indonesia pada daftar region  yang tersedia

Jangan lupa cek secara berkala pada Pengaturan untuk mengetahui sudah tersedia update firmware terbaru atau belum. Jika tersedia, segera update jika Anda ingin mencicipi fitur dan berbagai peningkatan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru