Ducati Multistrada V4, motor dengan teknologi radar sensor pertama di dunia

Kamis, 08 Oktober 2020 | 14:46 WIB Sumber: Carscoops
Ducati Multistrada V4, motor dengan teknologi radar sensor pertama di dunia

ILUSTRASI. Ducati Multistrada V4, motor dengan teknologi radar sensor pertama di dunia


TEKNOLOGI KENDARAAN -  Fitur teknologi radar motor pertama di dunia akan diluncurkan pada varian Ducati Multistrada V4. Ducati Multistrada V4 dijadwalkan segera dirilis secara resmi pada 4 November mendatang. 

Mengutip dari situs Carscoops, model ini juga menawarkan mesin berkode V4 baru dan lebih compact, dengan spesifikasi dan detail lainnya akan diungkap pada 15 Oktober mendatang.

Fitur yang paling menarik dari Ducati Multistrada V4 adalah teknologi radar, yang seharusnya merevolusi dunia sepeda motor. Teknologi ini diklaim akan membuat perjalanan jauh di jalan raya menjadi lebih aman dan nyaman.

Ducati telah mengerjakan teknologi radar untuk motor mereka sejak 2016. Sejak saat itu, pabrikan sepeda motor Italia ini mengembangkan dan memproduksi paket bantuan berkendara ini (terdiri dari dua radar) bekerjasama dengan perusahaan ternama seperti Bosch.

Baca Juga: Jelang MotoGP Le Mans 2020: Begini optimisme Quartararo

Setiap unit radar berukuran 70 x 60 x 28 mm yang diklaim seukuran dengan action camera. Radar ini akan terintegrasi sempurna ke dalam mesin Ducati Multistrada V4, dengan berat hanya 190 gram. 

Unit di depan Ducati Multistrada V4 akan mengontrol Adaptive Cruise Control (ACC). Kemudian radar ini akan menyesuaikan jarak dari kendaraan lain saat berkendara dengan kecepatan antara 30 hingga 160 km/jam.

Sementara itu, radar belakang Ducati Multistrada V4 mampu mendeteksi dan melaporkan kendaraan yang datang ke tempat yang tidak terlihat (titik buta) pengemudi, sistem Deteksi Titik Buta juga memberi sinyal kendaraan mendekat dari belakang dengan kecepatan tinggi.

Proyek ini telah dilakukan Ducati bersama dengan mahasiswa dari Politecnico di Milano. Langkah selanjutnya yakni mendaftarkan paten yang berkaitan dengan algoritme kontrol sistem teknologi radar ini. Ducati akan diajukan kembali dalam waktu dekat setelah dilakukan pengujian pertama pada Mei 2017.

 Ducati telah memulai produksi untuk model Multistrada V4 generasi keempat di pabriknya, Borgo Panigale. 

Selanjutnya: Begini penampakan Harley Davidson Revival, motor listrik untuk kaum milenial

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru