Jelang MotoGP Le Mans 2020: Begini optimisme Quartararo

Rabu, 07 Oktober 2020 | 16:17 WIB   Reporter: Bimo Adi Kresnomurti
Jelang MotoGP Le Mans 2020: Begini optimisme Quartararo

ILUSTRASI. Jelang MotoGP Le Mans 2020: Optimisme Quartararo di kandang sendiri

KONTAN.CO.ID - LE MANS. Setelah kembali ke podium teratas, Fabio Quartararo kini menuju putaran kandangnya sendiri di Le Mans akhir pekan ini. Tahun ini, Fabio Quartararo berharap menjadi orang Prancis pertama dalam sejarah kelas utama yang naik ke podium teratas di sirkuit Le Mans.

Akhir pekan ini tim Petronas tiba di salah satu acara terpenting di kalender, Grand Prix dari sang jagoan, Fabio Quartararo. Tim Petronas tiba di titik tengah musim 2020 dengan dominasi yang cukup baik.

Mengutip dari situs Motosan.es, secara total mereka mengumpulkan empat kemenangan, tiga oleh Fabio Quartararo dan satu oleh Franco Morbidelli di Misano, dari delapan laga yang diperebutkan. 

Fabio Quartararo dengan kemenangannya di Grand Prix Catalan kemarin cukup optimis untuk mengambil poin penuh di balapan kandangnya. Pria Prancis itu memiliki keunggulan delapan poin atas urutan kedua yakni Joan Mir. 

Baca Juga: Melihat biaya sponsor di tim motor GP, paling murah Rp 340-an juta 

Quartararo membuat awal yang sempurna untuk acara di Le Mans sebagai rookie musim lalu dengan menjadi yang tercepat di FP1. Namun, Quartararo harus puas di urutan kesepuluh dalam kualifikasi dan hanya bisa menempati urutan kedelapan dalam balapan.

Jika kemenangan akhir pekan ini di Le Mans dapat diraih maka Quartararo akan menjadi orang Prancis pertama dalam sejarah kelas utama yang menang di Le Mans.

"Saya sangat senang bisa menjalani GP kandang tahun ini dan merupakan perasaan yang spesial untuk pergi ke sana sebagai pemimpin klasemen," kata Quartararo dari Motosan.es.

"Le Mans adalah trek yang sangat saya sukai. Ini akan menjadi penting bagi kami untuk berjuang demi kemenangan dan mencetak poin sebanyak mungkin," imbuh pembalap usia 21 tahun tersebut.

Baca Juga: Kyocera Moeye, konsep kendaraan otonom dari pabrikan barang elektronik

Franco Morbidelli memenangi MotoGP seri Misano

Rekan setim di Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli kini berada di posisi kelima sementara dengan 31 poin di belakang Quartararo.

Pembalap asal Italia itu berhasil menambah kemenangan MotoGP pertamanya di Misano dan di Catalunya mampu mendapatkan pole pertamanya. 

Mengutip dari situs Crash.net, Morbidelli kini memiliki rekor hasil yang bagus di Le Mans. Morbidelli berhasil membukukan catatan sepuluh besar pertamanya di kejuaraan dunia pada tahun 2014 dan kemenangan Moto2 pada tahun 2017. 

"Saya akan berusaha untuk menambah hasil yang bagus untuk penghitungan akhir pekan ini," ungkap Morbidelli dikutip dari Crash.net.

Sementara itu, sejarah masih mencatatkan Marc Marquez sebagai penguasa Le Mans dengan torehan empat pole sepanjang karirnya. 

MotoGP seri Perancis ini merupakan seri kesembilan MotoGP 2020 yang akan berlangsung di Sirkuit Bugatti. Sesi latihan bebas, kualifikasi, balapan akan dimulai pada 9-11 Oktober mendatang.

Selanjutnya: Valentino Rossi bosan menjalani MotoGP 2020

Editor: Bimo Kresnomurti


Terbaru