Musik

Duduki puncak Billboard Hot 100, Presiden Korea: BTS torehkan sejarah K-pop

Selasa, 01 September 2020 | 21:20 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Duduki puncak Billboard Hot 100, Presiden Korea: BTS torehkan sejarah K-pop

ILUSTRASI. BTS saat jumpa pers untuk comeback single terbaru berjudul Dynamite pada Jum'at (21/8).

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan, BTS telah menorehkan "babak baru dalam sejarah K-pop", dengan menduduki puncak tangga lagu Billboard Hot 100. 

Ini untuk pertama kalinya artis Korea Selatan ada di puncak tangga lagu Billboard Hot 100. 

"Sungguh luar biasa. Ini adalah prestasi luar biasa yang semakin meningkatkan kebanggaan K-pop," kata Moon di akun media sosialnya, Selasa (1/9), seperti dikutip kantor berita Yonhap.

Lebih bermakna lagi, boy band beranggotakan tujuh orang itu mengukir prestasi dengan lagu Dynamite. Lagu ini berisi pesan harapan dan penghiburan bagi orang-orang di dunia yang menderita di tengah pandemi COVID-19, menurut Presiden Korea Selatan.

Baca Juga: BTS borong piala di MTV Video Music Awards 2020, BLACKPINK menang kategori ini

"Keberhasilan tersebut akan membawa penghiburan besar bagi warga Korea Selatan yang menderita krisis nasional akibat Covid-19. Saya mengucapkan selamat yang tulus," ujar Moon.

Ya, BTS menjadi artis Korea Selatan pertama yang mendarat di Nomor 1 di chart single utama Billboard di Amerika Serikat pada Senin (31/8).

Sebelumnya, artis Korea Selatan dengan raihan tertinggi yang pernah ada di Billboard Hot 100 adalah PSY dengan hit viralnya pada 2012 bertajuk Gangnam Style, yang menduduki posisi kedua.

Satu-satunya orang Asia yang mencapai puncak Billboard Hot 100 adalah penyanyi Jepang Kyu Sakamoto, lewat lagu Sukiyaki pada 1963 silam.

Baca Juga: Kolaborasi Hyundai dan BTS luncurkan mobil listrik Hyundai IONIQ

BTS menduduki puncak tangga lagu album utama Billboard, Billboard 200, empat kali sejak Mei 2018. Dimulai dengan Love Yourself: Tear dan diikuti dengan rilis berturut-turut: Love Yourself: Answer, Map of the Soul: Persona, dan Map of the Soul: 7.

 

Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru