Duh! Pengguna Zoom gratis (Basic) akan ditampilkan iklan, apakah bakal mengganggu?

Sabtu, 06 November 2021 | 09:30 WIB Sumber: The Verge
Duh! Pengguna Zoom gratis (Basic) akan ditampilkan iklan, apakah bakal mengganggu?


ZOOM MEETING - Jakarta.Aplikasi meeting online Zoom dikabarkan akan menampilkan iklan untuk pengguna versi gratis (Basic). Apakah iklan tersebut akan mengganggu? 

Zoom merupakan aplikasi meeting online yang begitu populer dan telah memiliki pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Mengutip dari Backlinko, aplikasi yang kerap kali digunakan untuk meeting online, kelas online atau bahkan webinar ini telah diunduh 485 juta kali di tahun 2020 lalu.

Angka tersebut diketahui berasal dari pengguna Zoom yang mengunduh aplikasi tersebut lewat perangkat mobile.

Meskipun aplikasi ini gratis, pihak pengembang memberikan beberapa paket tertentu dengan benefit yang beragam. Namun demikian, pengguna gratis masih daapt menggunakan aplikasi Zoom untuk group meeting meksipun dibatasi maksimal 40 menit.

Masih berbicara tentang pengguna gratis, kabarnya Zoom akan menampilkan iklan. Mengutip dari The Verge, iklan tersebut akan muncul di browser ketika pengguna mengakhiri panggilan saat meeting online.

Pihak Zoom mengungkapkan iklan tersebut akan ditampilkan di beberapa negara tertentu, meskipun belum diketahui detailnya.

Pengguna "Basic" alias versi gratisan hanya akan melihat iklan jika bergabung di sebuah meeting online yang juga di-host oleh pengguna gratis.

Baca Juga: Wajib dihapus! 151 Aplikasi Android menyedot uang penggunanya tanpa sepengetahuan

Zoom meeting menampilkan iklan

Apakah iklan tersebut akan mengganggu pengguna Zoom versi gratis?

Baca Juga: Apakah WhatsApp lenyap dari HP Anda bulan November? Berikut cara cek versi Android

Menurut The Verge, iklan tidak akan ditampilkan selama meeting berlangsung, namun demikian ini merupakan perubahan besar yang berpotensi untuk layanan konferensi video.

Mungkin langkah yang dilakukan Zoom ini nantinya akan diadaptasi oleh aplikasi serupa, seperti Google Meeting atau Microsoft Teams di masa yang akan datang.

Seperti yang kita ketahui, batasan untuk pengguna gratis di aplikasi serupa hanya terdapat pada durasi panggilan. Seperti di Zoom, pengguna gratis hanya dapat melakukan panggilan maksimal 40 menit untuk durasi panggilan grup.

Janine Pelosi, selaku Chief Marketing Officer Zoom menjelaskan bahwa dengan menampilkan iklan dapat mendukung investasi dan terus memberikan akses gratis ke platform mereka, khususnya kepada pengguna Basic alias versi gratis.

"Perubahan ini memastikan bahwa pengguna Basic gratis kami dapat terus terhubung dengan teman, keluarga, dan kolega dengan platform yang selalu kami tawarkan," demikian yang ditulis oleh Pelosi.

Pihak Zoom juga menekankan bahwa mereka tidak menargetkan iklan untuk meeting, webinar, atau konten perpesanan (khususnya, audio, video, file, dan pesan).

Untuk saat ini mereka belum mengumumkan lebih lanjut apakah tampilan iklan ini akan berimbas ke pengguna Zoom yang lebih banyak di seluruh dunia atau di negara mana saja. Jadi, Anda masih dapat menggunakan Zoom untuk meeting atau video call dengan orang-orang terdekat seperti biasanya.

Selanjutnya: Gawat! Update macOS 12 Monterey membuat beberapa MacBook Intel lawas tewas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru