Sport

Dukung atasi pandemi corona, empat tim Formula 1 ini bantu produksi ventilator

Sabtu, 21 Maret 2020 | 12:15 WIB Sumber: Kompas.com
Dukung atasi pandemi corona, empat tim Formula 1 ini bantu produksi ventilator

ILUSTRASI. Ilustrasi formula 1

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa tim Formula 1 akan ikut membantu produksi ventilator (alat bantu pernapasan) sebagai upaya penanganan wabah virus corona di Inggris. 

Mengutip The Telegraph, empat tim F1 yaitu Mercedes, McLaren, Red Bull, dan Williams memiliki divisi teknologi terapan yang dapat membantu mempercepat pembuatan ventilator. 

Keempat tim F1 berbasis di Inggris itu menawarkan beberapa keahlian teknik canggih dengan pabrik-pabrik mereka yang mampu melakukan prototyping cepat dan bisa membantu pemerintah Inggris untuk menghasilkan sesuatu demi memerangi pandemi virus corona. 

Baca Juga: Balapan ditunda karena virus corona, Formula 1 luncurkan seri Grand Prix virtual

Dilaporkan bahwa keempat tim tersebut bersama Innovate UK (bagian dari Organisasi Riset dan Inovasi Inggris) dan University College London (UCL) akan memproduksi 20.000 ventilator yang dibutuhkan pasien dengan gejala Covid-19 parah. 

"Sekelompok tim Formula 1 yang berbasis di Inggris, produsen mesin dan masing-masing divisi teknologi sedang mengevaluasi dukungan untuk pembuatan alat pernapasan dalam menanggapi permintaan bantuan pemerintah Inggris," begitu bunyi pernyataan perwakilan F1. 

"Tim sedang bekerja sama dengan F1, pemerintah Inggris, dan organisasi lain untuk menetapkan kelayakan tim yang ikut serta memproduksi perangkat medis untuk membantu penanganan pasien virus corona." 

"Bekerja sama dengan Innovate UK, tim High Value Manufacturing Catapult, University College London, dan rumah sakit UCL, tim sedang mengevaluasi sejumlah cara untuk merealisasikan ini. Diharapkan ini akan menghasilkan sesuatu yang nyata dalam beberapa hari ke depan dan bisa berguna bagi semuanya," demikian pernyaataan F1. 

Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru