Euro 2024: Portugal vs Ceko, Ronaldo-Schick Duel Rebutkan Sepatu Emas

Senin, 17 Juni 2024 | 18:58 WIB Sumber: Al Jazeera
Euro 2024: Portugal vs Ceko, Ronaldo-Schick Duel Rebutkan Sepatu Emas

ILUSTRASI. Pencetak gol terbanyak Euro 2020, Cristiano Ronaldo dan Patrik Schick, akan saling berhadapan dalam pertandingan pembuka grup Euro 2024 di Jerman Cristiano Ronaldo reacts REUTERS/Suhaib Salem


SEPAK BOLA - JAKARTA. Kedua pencetak gol terbanyak di Kejuaraan Eropa akan saling berhadapan saat Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo menghadapi Republik Ceko yang diperkuat Patrik Schick dalam laga pembuka Grup F Euro 2024 di Red Bull Arena, Leipzig.

Ronaldo dan Schick sama-sama mencetak lima gol di Euro 2020 yang tertunda karena COVID dan kemungkinan akan memikul beban mencetak gol untuk tim mereka kali ini.

Turnamen ini dapat menjadi laga internasional terakhir bagi Ronaldo, meskipun pemain berusia 39 tahun ini terlihat haus akan gol dan pujian seperti biasanya, saat ia bersiap untuk memulai laga Euro keenamnya pada hari Selasa.

Meskipun ia mungkin telah pindah dari tim elit Eropa untuk bermain di Arab Saudi, naluri mencetak gol dari pencetak gol terbanyak dalam sepak bola internasional pria ini tampak setajam biasanya.

Baca Juga: Euro 2024: Kehadiran Mbappe dan Griezmann Membuat Prancis Jadi Favorit Juara

Setelah menjadi pencetak gol terbanyak kedua di babak kualifikasi dengan 10 gol dan mencetak 35 gol dalam 31 pertandingan liga untuk Al Nassr musim lalu, Ronaldo yang terlihat awet muda melakukan pemanasan untuk turnamen ini dengan mencetak dua gol dalam pertandingan persahabatan terakhir melawan Irlandia.

Meskipun Ronaldo telah mengangkat trofi pada tahun 2016, ia mungkin masih memiliki ambisi yang belum selesai di panggung internasional.

Setelah absen di sebagian besar laga final delapan tahun lalu karena cedera, ia gagal membawa Portugal meraih kejayaan lebih lanjut di dua Piala Dunia berikutnya dan di Euro 2020, ketika mereka tersingkir di babak 16 besar.

Ini merupakan salah satu generasi Portugal yang paling gemilang, namun dengan Ronaldo dan bek berusia 41 tahun, Pepe, yang berada di penghujung kariernya, Euro 2024 akan menjadi hore yang terakhir.

Dengan skuad yang penuh dengan pemain bertalenta, Portugal akan menjadi salah satu tim terbaik di Jerman. Mereka memenangkan semua dari 10 pertandingan mereka di babak kualifikasi, mencetak 36 gol dan hanya kebobolan dua kali.

Namun pelatih mereka, Roberto Martinez, sangat paham akan kesulitan dalam memimpin sekelompok pemain yang sangat berbakat di turnamen internasional, setelah gagal untuk mengubah apa yang disebut sebagai "Generasi Emas" Belgia menjadi pemenang turnamen.

Namun, Martinez juga tahu bahwa ia memiliki pemain terbaik dalam diri Ronaldo.

Baca Juga: Live Streaming Austria vs Prancis, EURO 2024 Hari Rabu (18/6) Pukul 02:00 WIB

"Kami memiliki 23 pemain. Kami menciptakan daya saing dan permainan yang membuat keputusan," katanya awal bulan ini.

"Namun Cristiano siap untuk membantu tim dan memberikan semua yang bisa ia berikan. Dan tidak ada pemain lain di dunia sepak bola yang bisa memberikan apa yang Cristiano bisa berikan ke ruang ganti," tambahnya.

Schick, yang memenangkan gol terbaik turnamen di Euro 2020 berkat golnya yang memukau saat melawan Skotlandia dari tengah lapangan, akan menjadi ujung tombak bagi tim Ceko yang memiliki ekspektasi yang sangat berbeda.

Ceko berada di urutan kedua dalam kualifikasi di belakang Albania, memenangkan empat dari delapan pertandingan mereka dalam grup yang juga mencakup Polandia, Moldova, dan Kepulauan Faroe.

Dengan absennya Schick di putaran akhir kualifikasi, mereka kesulitan mencetak gol, namun, baru saja memenangkan Bundesliga bersama Bayer Leverkusen, ia terlihat telah pulih dari cedera yang menghambatnya dan hal tersebut dapat menjadi masalah bagi Portugal.

Portugal vs Ceko akan dimulai pada pukul 21:00 waktu setempat (19:00 GMT) di hari Selasa, 18 Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru