CLOSE [X]

Fasilitasi Penulis Lokal, GoodDreamer Publikasikan 300 Judul Novel Online Tahun 2023

Kamis, 22 Februari 2024 | 12:00 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Fasilitasi Penulis Lokal, GoodDreamer Publikasikan 300 Judul Novel Online Tahun 2023

ILUSTRASI. PT Tujuh Berlian Mediatama berinovasi menghadirkan sebuah platform baca novel online, GoodDreamer.


PLATFORM DIGITAL - JAKARTA. PT Tujuh Berlian Mediatama berinovasi menghadirkan sebuah platform baca novel online, GoodDreamer, untuk memfasilitasi  para penulis di seluruh Indonesia.

Febriyana, Head of growth GoodDreamer menjelaskan, GoodDreamer berhasil memuat novel digital berbagai kategori mulai dari romansa sampai horor dan misteri sekali pun. Setiap novelnya dikemas secara menarik. “Seluruh novel yang ada di GoodDreamer bebas dari konflik SARA sehingga aman dibaca oleh pengguna usia 13 sampai 17 tahun.” kata dia, Rabu (21/2).

Di tengah maraknya novel terjemahan, kata dia, GoodDreamer hadir dengan mengunggulkan penulis Indonesia. Semua novel yang dipublikasikan di platformnya merupakan 100% asli karya penulis asal Indonesia. Tidak ada karya terjemahan.

Tujuh Berlian Mediatama melihat bahwa Indonesia tidak kekurangan penulis berbakat. Hanya saja, masalahnya adalah ketidaktahuan ataupun keterbatasan media tempat para penulis bisa menyalurkan karyanya.

Baca Juga: Sinopsis The Unwanted Undead Adventurer, Jadwal & Tempat Streaming Subtitle Indonesia

Febri berharap hadirnya GoodDreamer mampu memperkecil persentase keterbatasan tersebut dan para penulis Indonesia dapat dengan gagah menunjukkan taring mereka. GoodDreamer
juga mengupayakan kesejahteraan penulis dengan berbagai cara salah satunya dengan persiapan untuk sistem kerjasama yang lebih menarik lagi. 

Selama 2023 lalu, GoodDreamer sudah mempublikasikan lebih dari 300 judul novel. Febri bilang, potensi pembaca platform tersebut menjanjikan. “Data yang kami kumpulkan menunjukkan bahwa pembaca novel di GoodDreamer tersebar di seluruh wilayah Indonesia terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, Makassar, dan masih banyak lagi,” ucap Febri.

Lebih lanjut Febri menambahkan bahwa pembaca di GoodDreamer didominasi oleh wanita kisaran usia 20 sampai dengan 29 tahun. Data ini sejalan dengan kategori terpopuler di GoodDreamer yaitu romansa yang memang kebanyakan difavoritkan kaum wanita. Ia menyebut, jumlah pembaca GoodDreamer pada 2023 mencapai 50.000 lebih.

Baca Juga: Netflix Rilis Tiga Film Original Baru Pekan Ini

Jumlah pembaca itu terus meningkat didorong oleh berbagai keunggulan yang ditonjolkan seperti fitur yang selalu update menjadi lebih lengkap dan lebih mempermudah penggunanya. Selain itu, juga ada pilihan baca novel gratis yang memungkinkan terbukanya satu demi satu  bab novel tanpa harus melakukan transaksi pembelian menggunakan mata uang virtual.

Walaupun sudah menyediakan aplikasi untuk Android dan iOS, GoodDreamer juga memfasilitasi penggunanya dengan website yang memiliki fitur-fitur yang sama dengan aplikasinya. Jadi penggunanya bisa baca novel kapan saja, di mana saja, dan pakai perangkat apa saja.

Ke depannya, baik kategori ataupun koleksi novel itu sendiri akan terus dikembangkan. Kualitas novel pun selalu jadi sorotan utama dan menjadi poin penting yang secara profesional mereka tingkatkan.  “Menelaah potensi GoodDreamer ke depannya, kami yakin mampu mengantongi hingga 1 juta pembaca di tahun 2025 mendatang,” tandas Febri. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk

Terbaru