Wisata

Festival Cap Go Meh Singkawang tahun ini dihadiri sekitar 76.964 wisatawan

Selasa, 19 Februari 2019 | 23:14 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Festival Cap Go Meh Singkawang tahun ini dihadiri sekitar 76.964 wisatawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Acara puncak perayaan Cap Go Meh 2019 di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, dibanjiri lebih dari 70.000 wisatawan. Festival ini diharapkan bisa memberikan dampak dari sisi nilai kreatif dan nilai komersial.

"Dari sisi 'commercial value' kedatangan banyak wisatawan akan memberikan dampak ekonomi langsung bagi masyarakat,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Selasa (19/2).

Tercatat, Festival Cap Go Meh tahun ini dihadiri sekitar 76.964 wisatawan baik dari wilayah domestik maupun mancanegara. Jumlah itu meningkat dari 2018 yang hanya sekitar 70.000 wisatawan.

Sebagian besar wisman yang berkunjung berasal dari Taiwan, Singapura, Australia, Malaysia, Hongkong, Macau, Thailand, dan Filipina.

Puluhan ribu wisatawan yang menyesaki jalan Diponegoro, Kota Singkawang, itu menanti arak-arakan 12 replika naga berukuran 20 meter dan 1.050 patung dalam rangkaian acara puncak Cap Go Meh 2019.

Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie mengatakan, Festival Cap Go Meh sudah ditetapkan menjadi event skala nasional yang sudah dikenal wisatawan mancanegara (wisman) sehingga keberlangsungannya harus dipertahankan.

“Apalagi pada 2018 Singkawang mendapatkan predikat Kota Toleran se-Indonesia. Ini modal utama sebagai kota pariwisata dan modal bagi para investor untuk menanamkan modalnya di Singkawang," katanya.


Editor: Yudho Winarto


Terbaru