Final Piala Thomas: Indonesia Tertinggal 0-2 dari India

Minggu, 15 Mei 2022 | 16:53 WIB Sumber: Kompas.com
Final Piala Thomas: Indonesia Tertinggal 0-2 dari India

ILUSTRASI. Piala Thomas


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia tertinggal 0-2 dari India menyusul kekalahan yang dialami Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo pada final Piala Thomas 2022. Pertandingan Indonesia vs India merupakan laga final Piala Thomas 2022 yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (15/5/2022) siang WIB.

Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang turun pada partai kedua kalah dari Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty via rubber game dengan skor 21-18, 21-23 dan 19-21 usai berjuang 73 menit. Kekalahan tersebut membuat Indonesia kini tertinggal 0-2 dari India pada final Thomas Cup 2022.

Selanjutnya, perjuangan Indonesia ditentukan oleh Jonatan Christie yang akan menghadapi Kidambi Srikanth pada partai ketiga.

Baca Juga: Final Piala Thomas: Ginting Menyerah Lawan Sen, Indonesia Vs India 0-1

Latar belakang pertandingan

Ini adalah pertemuan kedua Ahsan/Kevin melawan Satwiksairaj/Chirag setelah mereka menderita kekalahan rubber game di ajang Badminton Asia Team Championships 2018. Kala itu, Ahsan/Kevin kalah dari Satwiksairaj/Chirag dengan skor 21-18, 18-21, 22-24. Satwiksairaj Rankireddy adalah pebulu tangkis kelahiran Haiderabad, India, 13 Agustus 2000.

Sementara itu, partnernya, Chirag Shetty merupakan pebulu tangkis berusia 24 tahun kelahiran Mumbai, India, 4 Juli 1997. Adapun sebelum ini, Ahsan/Kevin menorehkan dua kemenangan kontra Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) dan Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China) pada perempat final dan semifinal.

Sementara itu, Satwiksairaj/Chirag juga menorehkan dua kemenangan juga kontra Goh Sze Fei/Nur Izzuddin (Malaysia) dan Kim Astrup/Mathias Christiansen (Denmark) pada perempat final dan semifinal.

Gim Pertama

Kedua pasangan saling bergantian mencetak poin pada awal gim pertama dengan keunggulan Satwiksairaj/Chirag 3-2. Pasangan India itu kembali memperlebar jarak menjadi dua angka, sebelum akhirnya dipertipis oleh Ahsan/Kevin menjadi 4-5.

Kegagalan Satwiksairaj membalikkan shuttlecock dari Kevin Sanjaya membuat Indonesia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 6-6. Jelang interval, skor kedua pasangan kembali berimbang menjadi 9-9. Lagi-lagi kegagalan Satwiksairaj membalikkan shuttlecock Kevin Sanjaya membuat pasangan Indonesia unggul 11-9 pada interval gim pertama.

Selepas jeda, Ahsan/Kevin menambah dua angka dan Satwiksairaj/Chirag satu angka. Smes Ahsan tak bisa dihentikan pasangan India dan membuat skor berubah menjadi 13-10. Ahsan/Kevin kemudian mencetak tiga poin beruntun dan membuat skor menjadi 16-10. Kegagalan Ahsan membalikkan shuttlecock membuat pasangan India mendapat satu angka dan skor berubah menjadi 16-11.

Ahsan/Kevin mulai mendapatkan kesulitan dari Satwiksairaj/Chirag yang juga bermain dengan sangat baik. Ganda putra India itu hanya terpaut dua angka dari Ahsan/Kevin menjadi 16-18. Kendati demikian, Ahsan/Kevin akhirnya berhasil menyudahi gim pertama dengan keunggulan 21-18.

Baca Juga: Jadwal Final Piala Thomas 2022, Indonesia Vs India Siang Ini

Editor: Yudho Winarto

Terbaru