Otomotif

Ford Promise, program buyback bagi para konsumen di Amerika

Senin, 06 Juli 2020 | 08:16 WIB Sumber: Car and Driver
Ford Promise, program buyback bagi para konsumen di Amerika

ILUSTRASI. Mobil pabrikan Amerika, Ford, mengeluarkan program Ford Promise untuk buyback di tengah pandemi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Pabrikan mobil asal Amerika, Ford mengeluarkan program buyback, dengan nama Ford Promise untuk wilayah Amerika.

Program Ford Promise merupakan program yang memfasilitasi konsumen untuk mengambil kembali kendaraan jika mereka kehilangan pekerjaan pada tahun pertama saat terjadinya pandemi ini.

Dalam program Ford Promise yang baru diumumkan, Ford akan membeli kembali kendaraan pelanggan jika mereka secara tidak sengaja kehilangan pekerjaan dalam waktu setahun setelah membeli kendaraan baru, bekas, atau Bersertifikat Pra-Milik. (CPO)

Program Ford Promise ini diharapkan agar tidak ada kekhawatiran jika konsumen tidak mampu melakukan pembayaran mobil ketika kehilangan pekerjaan. 

Baca Juga: Rekor, Tesla salip Toyota sebagai perusahaan paling bernilai di Wall Street

Program Ford akan memungkinkan pelanggan untuk mengembalikan kendaraan hingga satu tahun setelah membelinya jika mereka kehilangan pekerjaan. Perjanjian ini berlaku untuk model mobil dan truk yang di produksi 2019 hingga 2021 yang dibeli melalui Ford Credit.

Hal Ini juga hanya berlaku untuk kendaraan yang dibeli untuk penggunaan pribadi. Pelanggan berhak mengikuti Ford Promise jika 30 hari setelah pembelian dirinya kehilangan pekerjaan.

Baca Juga: Toyota jadi merek mobil paling bernilai di dunia, Tesla menempel ketat

Melansir dari situs caranddriver, wakil presiden bidang pemasaran, penjualan, dan layanan Ford, Mark LaNeve berkomentar: "Orang ingin semuanya kembali normal, mereka ingin membeli, tetapi mereka masih sedikit gugup tentang apa yang akan terjadi di masa depan."  ujar Mark dikutip dari caranddriver. 

Mark menambahkan, dalam sebuah studi terbaru dari Cox Automotive diketahui bahwa 32% pembeli potensial menunda pembelian otomotif karena ketidakpastian pasar dan masalah pengangguran di masa depan. Tentunya ford akan mengantisipasi masalah dari pembeli potensialnya dengan program Ford Promise.

Baca Juga: Harga mobil bekas Ford Everest Juni 2020 Rp 60 juta, ini kelebihan dan kekurangannya

Ini bukan program bantuan dari diler mobil terkait COVID-19 yang pertama. Dalam resesi terakhir pada tahun 2008-2009, Ford menawarkan program Ford Credit Support yang memungkinkan pelanggan mobil baru yang memenuhi syarat di AS untuk menunda pembayaran hingga 90 hari.

Sebelumnya, produsen mobil Hyundai dan Genesis memulai kembali program serupa pada beberapa bulan yang lalu. 

Editor: Bimo Kresnomurti


Terbaru