Gelimang dollar dari babak akhir perang Avenger versus Thanos

Sabtu, 27 April 2019 | 10:00 WIB Sumber: Harian KONTAN
Gelimang dollar dari babak akhir perang Avenger versus Thanos


FILM SUPERHERO - LOS ANGELES. Warga dunia begitu penasaran dengan akhir kisah kekejaman Thanos. Tak pelak, rasa penasaran itulah yang membuat tiket film pahlawan super Marvel, Avengers: Endgame laris manis. Bahkan film itu mencetak sejumlah rekor penayangan hari perdana secara global pada Rabu (24/4).

Box Office Mojo melaporkan, penjualan tiket Avengers: Endgame global di hari pertama sekitar US$ 169 juta. EndGame akan mengalahkan rekor penonton dengan jumlah terbanyak yang selama ini masih dipegang oleh film Star Wars: The Force Awakens.

Dari total penjualan hari perdana Avengers secara global, penjualan di China paling fantastis. Dari hasil penjualan tiket di Tiongkok mencapai US$ 107,5 juta, disusul Korea Selatan. Indonesia juga masuk dalam peringkat kesepuluh sebagai negara penyumbang tertinggi pendapatan bagi film ini.

Penayangan perdana Avengers: Endgame secara global, termasuk Indonesia, dimulai Rabu (24/4) atau dua hari sebelum penayangan perdana di Amerika Serikat (AS) yang mulai Jumat (26/4). Di AS, film Marvel ini diperkirakan akan mencetak pendapatan US$ 260 juta.

Para pengamat memperkirakan, film ini akan menghasilkan lebih dari US$ 800 juta secara global di akhir pekan pertamanya.Film besutan Anthony Russo dan Joe Russo ini juga menyentuh penjualan CNY 500 juta di China.

"Penjualan tiket di China diperkirakan CNY 3 miliar," kata Wu Jian, analis Alibaba Pictures kepada Reuters, kemarin. Jian mengatakan, keberhasilan penjualan bisa dikaitkan dengan rilis hampir 20 film Marvel dalam 11 tahun terakhir.

Hitungan Great Wall Securities, penjualan tiket Avengers: Endgame bisa menyentuh CNY 4,8 miliar. Nilai penjualan ini akan menjadikan film ini sebagai film dengan nilai penjualan terbesar kedua di China setelah Wolf Warrior.

Melihat penayangan rekor penayangan perdana ini film yang merupakan bab terakhir dari 22 film yang menampilkan karakter populer seperti Iron Man, Thor, dan Black Widow ini bisa menembus rekor lainnya. Yakni rekor pendapatan yang diraih selama film itu tayang di bioskop. Saat ini rekor itu masih dipegang film Avatar yang meraih pendapatan US$ 2,7 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru